India

India Kembangkan Gua Ajanta dan Ellora Sebagai Wisata Buddhis

Selasa, 25 September 2018

Bhagavant.com,
Maharashtra, India – Pemerintah negara bagian Maharashtra, India berencana mengembangkan situs Gua Ajanta dan Ellora sebagai destinasi wisata Buddhis.

Gua Ajanta di Maharashtra, India akan menjadi destinasi wisata Buddhis.
Gua Ajanta di Maharashtra, India akan menjadi destinasi wisata Buddhis.

Bekerja sama dengan Maharashtra Tourism Development Corp. (MTDC), Kementerian Pariwisata India telah menyelenggarakan International Buddhist Conclave di Aurangabad pada Agustus 2018 lalu dengan tujuan untuk menjelaskan kepada masyarakat mengenai situs yang terkait dengan budaya Buddhis di negara bagian India tersebut.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk mempromosikan Gua Ajanta dan Ellora sebagai pusat wisata di peta Wisata Buddhis internasional.

MTDC sedang bekerja untuk menciptakan jalan baru di negara bagian tersebut untuk Wisata Buddhis dengan memperkuat hubungan mereka dengan negara-negara Buddhis di seluruh dunia.

Badan pemerintah India tersebut juga berencana untuk menawarkan tanahnya ke negara-negara Buddhis untuk mengembangkan taman bertema Buddhis dan vihara di dekat Gua Ajanta, sebuah situs warisan UNESCO di Aurangabad. MTDC berencana untuk bergabung dengan KJ Somaiya Center for Buddhist Studies untuk memperkenalkan paket tur baru untuk mempromosikan Wisata Buddhis di negara tersebut.

Kementerian Pariwisata India telah memilih Ajanta dan Ellora, situs warisan UNESCO di bawah Proyek Destinasi Ikonik mereka, untuk menawarkan fasilitas kelas dunia kepada para wisatawan. Kementerian Pariwisata India juga bergandengan tangan dengan Kementerian Bina Marga untuk mengembangkan jalan di Aurangabad untuk konektivitas yang lebih baik dari gua-gua ikonik tersebut dengan bandara.

Negara bagian Maharashtra kaya akan warisan dan budaya Buddhis. Beberapa situs Buddhisnya adalah: Stupa di Nalasopara, Stupa Vipassana Global di Gorai, Gua Mandapeshwar di Borivali, Chaityabhoomi di Dadar, Gua Elephanta dan Gua Kanheri di Taman Nasional Sanjay Gandhi. Selain itu juga ada Gua Karla dan Bhaja di Pune, Gua Pandavleni di Nashik, Deekshabhoomi di Nagpur, bersama dengan situs warisan UNESCO di Ajanta dan Ellora di Aurangabad.

Gua Ajanta adalah kompleks vihara gua berusia abad ke-2 SM. Sedangkan Gua Ellora adalah kompleks gua yang terdapat monumen dari tiga agama yaitu Buddha, Hindu, dan Jainisme dari abad ke-10 hingga 11 Masehi.[Bhagavant, 25/9/18, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: