India » Tokoh

Dalai Lama Sudah Disuntik Vaksin COVID-19

Bhagavant.com,
Dharamshala, India – Yang Mulia Dalai Lama Ke-14 telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19 di rumah sakit Zonal di Dharamshala pada Sabtu (6/3/2021) sekitar jam 7 pagi.

Dalai Lama Sudah Disuntik Vaksin COVID-19
Foto: YouTube

Vaksinasi tersebut merupakan vaksinasi pertama terhadap individu terkemuka di wilayah tersebut yang secara terbuka mendukung upaya vaksinasi di India terhadap virus mematikan.

Dalai Lama yang berusai 85 tahun itu mengatakan bahwa beliau mengikuti saran dari teman-teman tepercaya dari komunitas medis untuk mendapatkan suntikan yang beliau gambarkan sebagai “sangat membantu” dan “sangat baik”.

“Pasien lain harus menggunakan suntikan ini untuk keuntungan [masyarakat] yang lebih besar. Saya ingin berbagi bahwa lebih banyak orang harus berani melakukan suntikan ini,” kata Dalai Lama dalam rekaman video yang dirilis oleh kantor pribadinya, Sabtu (6/3/2021).

“Menurut teman kepercayaan saya, termasuk dokter, mereka menyarankan agar saya melakukan suntik ini. Untuk mencegah beberapa masalah serius, suntikan ini sangat membantu dan baik. Jadi pasien lain harus menggunakan suntikan ini untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar.”

Kepala Petugas Medis distrik Kangra Dr. Gurdarshan Gupta mengatakan kepada wartawan bahwa Yang Mulia menolak tawaran untuk divaksinasi di kediamannya dan memutuskan untuk datang ke pusat vaksinasi “seperti orang biasa” dan bahwa beliau akan diberikan suntikan lanjutan setelah 28 hari sesuai protokol.

Dalai Lama diberikan vaksin Covishield dari Oxford-AstraZeneca yang diproduksi oleh Serum Institute of India (SII). Covishield memiliki kemanjuran rata-rata 70,4 persen melawan virus, sesuai analisis sementara dari uji klinis tahap akhir.

Ini adalah penampilan pertama bagi Dalai Lama ke publik sejak pandemi dimulai. Kunjungan publik terakhirnya adalah pada Januari 2020 ketika ia kembali dari acara keagamaan di Bodh Gaya.[Bhagavant, 11/3/21, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN