Asia Tenggara » Tokoh » Vipassanā

Ribuan Buddhis Hadiri Kremasi Y.M. Sayadaw U Pandita

Jumat, 22 April 2016

Bhagavant.com,
Yangon, Myanmar – Proses kremasi jenazah mendiang Yang Mulia Sayadaw U Pandita yang wafat pada Sabtu (16/4/2016) pagi, dihadiri oleh ribuan umat Buddha dari berbagai daerah di Myanmar (Birma) dan mancanegara.

Jenazah mendiang Y.M. Sayadaw U Pandita dalam peti kaca dalam proses pemindahan ke tempat kremasi.
Jenazah mendiang Y.M. Sayadaw U Pandita dalam peti kaca dalam proses pemindahan ke tempat kremasi. Foto: Facebook Panditarama Sydney Meditation Centre

Dengan mayoritas mengenakan baju berwarna putih, ribuan umat Buddha dan praktisi meditasi dari dalam dan luar negeri mengiringi prosesi kremasi mendiang Y.M. Sayadaw U Pandita yang merupakan salah satu guru meditasi terkemuka dari Myanmar, pada Jumat (22/4/2016) di Hse Mine Gon (Forest Meditation Centre) di Desa Phyu Kyaung (The’ Phyu Gyaun) , di wilayah Bago, Myanmar.

Proses kremasi tersebut dilaksanakan secara hikmat pada pukul 13.00 waktu setempat dengan upacara bernuansa meditatif dan perenungan. Relik dari jenazah mendiang Y.M. Sayadaw U Pandita dikumpulkan pukul 20.30 waktu setempat.

Sehari sebelumnya, Kamis (21/4/2016), dilaksanakan puja bakti penghormatan yang dimulai pada pukul 8.30 pagi waktu setempat dipimpin oleh Ketua Sangha (Sangha Maha Nayaka) Nasional Myanmar, Y.M. Sayadaw Dr. Bhaddanta Kumarabhivamsa.

Dalam puja bakti tersebut dilaksanakan pula pembacaan paritta yang disusul dengan pembacaan biografi mendiang Y.M. Sayadaw U Pandita oleh Y.M. Sayadaw Bhaddanta Nandasiri, dari Nikrodharam Meditation Centre, Malaysia.

Proses kremasi jenazah mendiang Y.M. Sayadaw U Pandita.
Proses kremasi jenazah mendiang Y.M. Sayadaw U Pandita. Foto: Facebook Panditarama Sydney Meditation Centre

Selanjutnya, puja bakti kembali diadakan untuk mengawali prosesi pemindahan jenazah mendiang Sayadaw  ke tempat kremasi pada pukul 12.30. Pada kesempatan itu Y.M. Sayadaw Ashin Vannissara dari Paṇḍitārāma Shwe Taun Gon Sasana Yeiktha Pyin Oo Lwin, memimpin para umat untuk melakukan permohonan maaf kepada mendiang Y.M. Sayadaw U Pandita atas kesalahan apa pun yang pernah mereka lakukan saat mendiang masih hidup.

Kemudian Y.M. Sayadaw Bhaddanta Nandasiri menyampaikan permintaan dari mendiang Y.M. Sayadaw U Pandita yang meminta disemayamkan di Hse Mine Gon sebagai tempat peristirahatan terakhirnya. Setelah itu, pada pukul 13.00, jenazah Sayadaw ditempatkan di mobil jenazah, untuk dibawa dan disemayamkan untuk semalam di Hse Mine Gon di Desa Phyu Kyaung (The’ Phyu Gyaun) di Bago, sekitar 60 km utara Yangon.

Y.M. Sayadaw U Pandita wafat pada usia 94 tahun saat beliau dirawat di Rumah Sakit di Bangkok, Thailand. Beliau merupakan salah satu guru meditasi Vipassana yang tidak hanya dikenal di Myanmar tetapi juga hingga ke dunia Barat.[Bhagavant, 22/4/16, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis:

REKOMENDASIKAN: