Gerakan Buddhis » Sosial

Pandemi Tak Halangi Mahasiswa Buddhis UI Membina Desa

Bhagavant.com,
Jawa Barat, Indonesia – Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia tidak menyurutkan mahasiswa dan mahasiswi Buddhis Indonesia untuk berkarya melakukan pembinaan desa.

Pandemi Tak Halangi Mahasiswa Buddhis UI Membina Desa
Kegiatan bersama petani kopi dalam program Desa Binaan KMBUI 2019. Foto: UKM KMBUI

Mahasiswa dan mahasiswi yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Indonesia (KMBUI) menyelenggarakan program kegiatan sosial yang disebut dengan Desa Binaan (Desbin) KMBUI 2020.

Desa Binaan KMBUI merupakan program kerja tahunan dari Komisi Pengabdian Masyarakat KMBUI yang berfungsi untuk melakukan intervensi dan pembinaan secara langsung kepada suatu kelompok masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pengembangan komunitas, sehingga diharapkan dapat membina suatu kelompok masyarakat secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan September hingga Desember 2020 ini mengangkat tema: “Satukan Hati Merangkai Mimpi” dan kembali dilaksanakan di Dusun Krecek, Desa Getas, Temanggung, Jawa Tengah.

Tahun ini kegiatan dilaksanakan untuk melanjutkan dan mengembangkan hal-hal yang sudah dilakukan sebelumnya demi mencapai tujuan bersama yaitu menjadikan Dusun Krecek sebagai desa berbasis budaya.

Fokus yang akan dibawa oleh Komisi Pengabdian Masyarakat kali ini adalah pemaksimalan pemasaran kopi Dusun Krecek dan pembinaan sumber daya manusia dalam rangka mewujudkan Dusun Krecek sebagai desa budaya.

Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang pelaksanaannya dilakukan dengan terjun langsung ke lokasi Desa Binaan, kegiatan kali ini mayoritas dilakukan secara daring (online) melalui platform pertemuan daring, seperti Zoom, Youtube Live, dan Instagram Live.

Pelaksanaan daring ini diterapkan karena terkait dengan adanya pandemi COVID-19 dan protokol kesehatan yang membatasi gerak para partisipan.

Kegiatan pengembangan masyarakat yang akan dilakukan dalam rangkaian kegiatan Desa Binaan tersebut meliputi :
1. Pelatihan Kewirausahaan,
2. Sekolah Minggu,
3. Workshop Kopi,
4. Motivational Talk, dan
5. Pojok Donasi Literasi.

Grand opening kegiatan Desa Binaan KMBUI 2020 ini akan dilaksanakan secara Live melalui Youtube Channel UKM KMBUI, pada hari Sabtu, 26 September 2020, pukul 15.00 – 17.30 WIB, dan terbuka untuk umum.

Pada acara grand opening ini, akan ada talk show motivasi, pertunjukkan, permainan, dan berbagai sesi lainnya.⠀

Talk show motivasi akan membawakan tema “Sekarang atau Tidak Selamanya: Membawa Perubahan dengan Semangat Buddha Dharma” dan dihadiri oleh Andrie Wongso yang merupakan seorang motivator, pengusaha, dan pakar terkenal di Indonesia.⠀

Dalam pelatihan kewirausahaan, penyelenggara akan memberikan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan warga Dusun Krecek tentang kewirausahaan sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka. Pelatihan ini rencananya akan dilakukan secara online pada 18 Oktober 2020.

Sekolah Minggu juga akan diadakan untuk warga pada 15 November 2020 yang rencananya diisi dengan kegiatan-kegiatan interaktif yang bermanfaat dan menambah pengetahuan anak-anak Dusun Krecek, seperti menonton film yang mendidik.

Program kegiatan ini juga mengadakan kegiatan Workshop Kopi yang membawakan materi tentang pengolahan pascapanen. Tujuan dari workshop ini adalah untuk mencerdaskan para petani kopi Dusun Krecek sehingga dapat meningkatkan kualitas kopi Krecek.

Tidak ketinggalan, seperti tahun sebelumnya, penyelenggara mengadakan Pojok Donasi Literasi dengan membantu mengumpulkan buku untuk pembangunan pojok baca di Dusun Krecek dengan membuka donasi buku yang kemudian disalurkan ke dusun tersebut. Kegiatan donasi buku ini rencananya berlangsung dari 27 September hingga 31 Oktober 2020.

Informasi selengkapnya mengenai kegiatan Desa Binaan KMBUI 2020, dapat menghubungi pihak panitia sebagai berikut:

Contact Person

Vanessa
WA: 0895637224718
Line: vanessa_patricia⠀

Emilia
WA: 08116505015
Line: emiliaangeline

Email: desabinaan.kmbui@gmail.com
Instagram: desabinaan.kmbui

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN