Gerakan Buddhis » Sosial

Jadi Agen Perubahan Bersama KMBUI Ciptakan Dusun Budaya

Bhagavant.com,
Jawa Barat, Indonesia – Menjadi agen perubahan terhadap sesuatu ke arah yang lebih baik bisa menjadi salah satu aksi nyata mempraktikkan ajaran Buddha tentang karuna (belas kasih).

Jadi Agen Perubahan Bersama KMBUI Ciptakan Dusun Budaya

Agen perubahan adalah individu atau kelompok individu yang secara langsung atau tidak langsung menyebabkan atau mempercepat perubahan sosial, budaya, atau perilaku ke arah yan lebih baik.

Ada banyak cara bagi umat Buddha untuk menjadi seorang agen perubahan yang dapat mengubah kondisi sosial menjadi lebih baik. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan oleh Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Indonesia (KMBUI) dengan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menyelenggarakan program Desa Binaan.

Program kerja tahunan Desa Binaan KMBUI ini bertujuan untuk melakukan intervensi dan pembinaan secara langsung kepada suatu kelompok masyarakat yang dilakukan dalam bentuk pengembangan komunitas, sehingga diharapkan dapat membina suatu kelompok masyarakat secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Kelompok masyarakat yang menjadi target Desa Binaan KMBUI tahun ini sama seperti tahun lalu yaitu masyarakat Dusun Krecek yang teletak di Desa Getas, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Melanjutkan program tahun lalu, pengembangan infrastruktur dan peningkatan perekonomian warga Dusun Krecek melalui pemaksimalan pemasaran kopi dan pembinaan sumber daya manusia, menjadi fokus program Desa Binaan KMBUI 2021 yang tahun ini mengusung tema “Membawa Perubahan Melalui Semangat dan Kasih.” Dan tujuan ini semua adalah mewujudkan Dusun Krecek sebagai Dusun Budaya yang akhirnya dapat menyejahterakan kehidupan masyarakat di Dusun Krecek.

Dusun Budaya adalah dusun yang mengaktualisasikan, mengembangkan, dan mengonservasi kekayaan potensi budaya yang dlimilikinya yang tampak pada adat dan tradisi, kesenian, permainan tradisional, bahasa, sastra, aksara, kerajinan, kuliner, pengobatan tradisional, penataan ruang, dan warisan budaya.

Keunikan Dusun Krecek yang menjadi potensi sebagai dusun budaya terletak di antaranya pada tradisi dan budaya Buddhis pada kehidupan masyarakatnya, pembudidayaan kopi, dan pesona Curug Petapaan Krecek.

Dengan potensi yang unik tersebut, Dusun Krecek dapat menjadi dusun budaya dengan melakukan perubahan melalui pemaksimalan pemasaran kopi dan pembinaan sumber daya manusia. Dan untuk melakukan perubahan tersebut diperlukan agen-agen perubahan seperti yang telah dilakukan oleh para mahasiswa-mahasiswi KMBUI dengan melakukan pelatihan kewirausahaan kepada warga Krecek.

Pelatihan dan pembelajaran yang diberikan kepada warga Krecek dilakukan secara langsung oleh mahasiswa-mahasiswi KMBUI dengan terjun langsung ke lapangan. Namun, sejak pandemi COVID-19 merebak, kegiatan Desa Binaan tersebut tidak dapat secara penuh diselenggarakan secara langsung.

Sama seperti tahun 2020, kegiatan Desa Binaan KMBUI 2021 sebagian dilakukan secara daring. Berikut linimasa kegiatan yang akan berlangsung dari 30 Juli sampai 4 September 2021 tersebut:

1. Grand Opening, 30 Juli 2021, pukul: 19.00 – 21.10 WIB

Acara Grand Opening ini terbuka untuk umum dan akan diselenggarakan melalui platform Zoom dan Live Streaming Youtube UKM KMBUI. Acara ii akan dimeriahkan dengan Motivational Talk oleh Roby Oktober, Pembacaan Kesan Pesan untuk Dusun Krecek, serta Kuis Berhadiah menarik.

2. Apa Kabar Krecek, 14 Agustus 2021, pukul 19.00 – selesai

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk video siaran langsung bincang hangat dengan warga Dusun Krecek.

3. Pelatihan Kewirausahaan & Sosialisasi Kewirausahaan, 15-21 Agustus 2021

Pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan warga Krecek mengenai kewirausahaan. Pelatihan yang dilaksanakan secara luring (offline) ini, tahun ini mengangkat materi tentang perancangan ide usaha. Sosialisasi juga dilaksanakan secara luring dan akan diisi tentang cara menjalankan sebuah bisnis.

4. Sekolah Minggu, 22 Agustus 2021

Desa Binaan KMBUI 2021 akan memberikan pembelajaran dengan memberikan materi kepada adik-adik di Dusun Krecek dan mengadakan lomba cerdas-cermat.

5. Grand Closing, 4 September 2021

Acara ini terbuka untuk umum dan akan diselenggarakan melalui platform Zoom dan live streaming Youtube UKM KMBUI.

Masyarakat umum khususnya umat Buddha juga dapat berpartisipasi menjadi agen-agen perubahan dengan membantu warga Dusun Krecek dalam mengembangkan dusunnya menjadi Dusun Budaya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Untuk informasi jadwal akan diberitahukan selanjutnya atau bida menghubungi pihak panitia yan tercantum di bawah ini. Dan Anda yang berminat untuk berdana, pihak panitia membuka pilihan yaitu menjadi donatur dan sponsor. Untuk diskusi lebih lanjut bisa menghubungi:

Contact person:

WA – Edi (0822 9818 8851)
WA – Shintya (0815 1735 3666)

Partnership Contact:

Agnes Betresia – 081908322607 – LINE: agnesbetresia_
Aninda Visakha – 081388350917 – LINE: aninda_vg

Kegiatan Desa Binaan KMBUI Tahun 2020

Kegiatan Desa Binaan KMBUI 2020.
Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN