Arkeologi » Asia Oseania » Asia Tenggara » Vietnam

Restorasi Kolese Buddhis Vietnam

Buddhisme di VietnamBhagavant.com,
Quang Nam, Vietnam – Kolese Buddhis Dong Duong, sebuah situs Warisan Nasional di Vietnam, akan dipulihkan kembali keasriannya, demikian yang disampaikan oleh sebuah konferensi pelestarian peninggalan budaya di pusat Propinsi Quang Nam pada Rabu (17/8).

Sebagai salah satu pusat studi terbesar di Asia Tenggara, Kolese (akademi – ed) Buddhis tersebut terletak di sebuah hutan dan sekarang sudah dalam bentuk reruntuhan. Menara Sang, yang merupakan salah satu sisa yang terakhir hampir mengalami keruntuhan dan hanya disanggah oleh kayu-kayu tua saja. Demikian yang dilaporkan oleh VietnamNews.

Nguyen Thuong Hi, yang menghabiskan banyak waktu untuk pekerjaan pelestarian di propinsi tersebut mengatakan bahwa ia khawatir menara tersebut tidak dapat menahan hujan yang deras.

Hoang Dao Kinh, seorang Arsitek yang melakukan penelitian pada kolese tersebut mengatakan,”Saat dipercaya bahwa pekerjaan restorasi pada menara-menara My Son menimbulkan banyak kesulitan bagi para ahli dari lokal maupun internasional, restorasi Kolese Buddhis Dong Duong mungkin bahkan lebih sulit.”

Kinh melanjutkan dengan mengatakan bahwa yang menjadi pusat perhatian terpenting adalah untuk menjaga agar reruntuhan tersebut tetap dalam kondisi baik.

“Pertama kali saya mengunjungi peninggalan tersebut pada 30 tahun yang lalu, karena terpesona oleh foto-foto yang diterbitkan oleh seorang Perancis,” jelas Kinh.

Semakin kita campur tangan, semakin mudah kolese Buddhis tersebut diakui sebagai sebuah situs warisan budaya, tambahnya.

Tran Minh Ca, wakil ketua Komite Masyarakat propinsi tersebut, mengatakan bahwa penelitian ilmiah akan dilakukan pada peninggalan tersebut yang bertujuan untuk melestarikan dan memulihkan kembali daya tarik spiritual dan budaya yang signifikan.

Salah seorang anggota Dewan Nasional Warisan Budaya, Truong Quoc Binh, menjelaskan bahwa kolese Buddhis tersebut didirikan oleh Raja Indravarman II pada tahun 875 dan memainkan sebuah bagian penting di Indrapura, ibukota negara Kerajaan Champa.

Kolese Buddhis Dong Duong berada di Komunitas Binh Dinh Bac Wilayah Thang Binh di Propinsi Quang Nam. Pada tahun 1902, seorang arsitek sekaligus arkeolog Perancis, H. Parmentier pertama kali menggali peninggalan Dong Duong, menemukan sisa-sisa kuil utama dan banyak karya patung yang berharga. Hal ini menggambarkan bahwa kuil utama dan menara-menara di sekelilingnya disusun dari barat ke timur dengan panjang 1.300 meter. Kuil utama terletak di area persegi yang memiliki panjang 326 meter dan luas 155 meter.

Mayoritas karya patung tersebut dipajang di Museum Patung Da Nang dan mengandung unsur-unsur Buddhisme Mahayana dan Hinduisme dari pertengahan akhir abad kesembilan.

Berdasarkan pada nilai budaya dan sejarahnya, kementerian budaya Vietnam mengakui Kolese Buddhis tersebut sebagai sebuah situs Warisan Nasional pada 21 September 2000 yang lalu.[VietnamNews, 19/8/11, tr: Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN