Thailand

Acara Hari Vesak PBB Ke-17 di Thailand Dibatalkan karena Wabah Corona

Rabu, 11 Maret 2020

Bhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Acara perayaan Hari Vesak Perserikatan Bangsa-Bangsa Ke-17 yang akan diselenggarakan di Thailand, pada Mei 2020 dibatalkan.

Hari Vesak PBB Ke-17
Upacara penutupan Hari Vesak PBB Ke-16 tahun 2019 di Han Nam, Vietnam. Foto: undv2019vietnam.com

Pembatalan acara tersebut resmi diumumkan oleh Dewan Internasional Hari Vesak (ICDV) dalam sebuah surat pada Jumat pekan lalu (6/3/2020).

“Karena wabah Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) baru-baru ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan penyakit ini sebagai ‘Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia,’ dan Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand, pada 26 Februari 2020, telah menetapkannya sebagai penyakit menular yang berbahaya.” ICDV dinyatakan dalam surat yang dibagikan secara luas di media sosial.

“Karena alasan ini, Dewan Tertinggi Sangha Thailand, pada tanggal 28 Februari 2020, mengeluarkan Resolusi No.137 / 2563 tentang langkah-langkah pencegahan terhadap penyebaran Penyakit Corona Virus 2019 (COVID-19). Butir No. 4 menyatakan: para pejabat keviharaan harus mempertimbangkan untuk berhenti atau menunda mengundang siapa pun dari luar negeri untuk bergabung dalam pertemuan atau kegiatan Sangha di Thailand.”

“Dengan mempertimbangkan situasi ini, Dewan Internasional Hari Vesak telah memutuskan untuk membatalkan Hari Vesak PBB Ke-17 pada tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Thailand.”

Surat itu ditandatangani oleh Y.M. Pra Brahmapundit, anggota Dewan Tertinggi Sangha Thailand dan presiden Dewan Internasional Hari Vesak.

Sumber: facebook.com/mcumahachula/

Saat berita ini dirilis, terdapat 53 kasus pasien yang terjangkit virus corona di Thailand, dengan 1 orang meninggal dan 33 orang sembuh.

Thailand sejauh ini telah menjadi tuan rumah KTT Hari Vesak PBB sebanyak 11 kali, terakhir pada 24-27 Mei 2018, dengan tema “Kontribusi Buddhis untuk Pembangunan Manusia.”

Tahun lalu, perayaan Hari Vesak PBB Ke-16 diselenggarakan di Vietnam pada 12-14 Mei 2019 dengan tema “Pendekatan Buddhis untuk Kepemimpinan Global dan Tanggung Jawab Bersama untuk Masyarakat Berkelanjutan.”

Hari Vesak PBB (United Nations Day of Vesak) merupakan acara peringatan Hari Vesak yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Peringatan Hari Vesak oleh PBB merupakan suatu bentuk pengakuan PBB atas kontribusi Agama Buddha di dunia dalam nilai-nilai kebijaksanaan, belas kasih, dan toleransi. Pengakuan tersebut tertuang dalam Resolusi PBB No. A/RES/54/115 tahun 1999.

Berdasarkan resolusi tersebut peringatan Hari Vesak ditetapkan oleh PBB setiap tahun pada Purnama di bulan Mei dan menjadi Hari Internasional.[Bhagavant, 11/3/20, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: