Inggris Raya » Tokoh

Dalai Lama XIV Jadi Tokoh Spiritual Paling Berpengaruh 2020

Kamis, 5 Maret 2020

Bhagavant.com,
London, Inggris Raya – Y.M. Dalai Lama Ke-14 menjadi tokoh spiritual paling berpengaruh di dunia untuk tahun 2020 berdasarkan Majalah Watkins.

Dalai Lama XIV Jadi Tokoh Spiritual Paling Berpengaruh 2020
Y.M. Dalai Lama XIV Tenzin Gyatso. Foto: YouTube

Y.M. Dalai Lama menduduki posisi pertama dalam daftar 100 tokoh spiritual paling berpengaruh yang hidup (Most Spiritually Influential Living People) tahun 2020 dari majalah spiritual Watkins Mind Body Spirit.

Watkins yang juga merupakan sebuah toko buku spiritual di London, telah menyusun daftar tersebut sejak 2011 sebagai cara untuk merayakan para guru spiritual yang hidup.

Dalam majalah edisi khusus musim semi No. 61 yang terbit 29 Februari 2020, Watkins menampilkan 16 halaman yang didedikasikan untuk detail menarik, biografi, foto, dan sorotan tentang setiap orang dalam daftar.

Dalam daftar, Watkins menempatkan Y.M. Dalai Lama di posisi pertama dan diikuti oleh Paus Fransiskus di posisi kedua. Sedangkan posisi ketiga ditempati aktivis remaja lingkungan hidup Greta Thunberg.

Y.M. Dalai Lama, yang dikenal karena karyanya untuk perdamaian antaragama secara globalserta ajarannya tentang berbagai filosofi Buddhis Tibet, mengajarkan praktik kebaikan dan kasih sayang di seluruh dunia.

Beliau secara konsisten masuk dalam daftar sepuluh teratas, dengan peringkat ketiga di tahun 2019 setelah Paus Fransiskus di posisi pertama dan Oprah Winfrey di posisi kedua. Beliau di posisi kedua pada tahun 2018, setelah Paus Fransiskus di posisi pertama. Terakhir kali Y.M. Dalai Lama menduduki posisi pertama pada tahun 2016.

Sampul depan Majalan Watkins Mind Body Spirit. Gbr: Amazon.com

Buku-buku terbaru yang diterbitkan oleh beliau termasuk The Universe in a Single Atom: The Convergence of Science and Spirituality (Morgan Road Books 2005), Beyond Religion: Ethics for a Whole World (Mariner Books 2012), dan The Book of Joy: Lasting Happiness in a Changing World (Avery Publishing 2016). Buku yang terakhir tersebut ditulis bersama dengan Uskup Agung Desmond Tutu, yang berada di urutan ke-8 dalam daftar Watkins pada 2020.

Tokoh Buddhis lainnya yang masuk dalam daftar tersebut di antaranya: Robert Thurman di posisi ke-56, Y.M. Pema Chödrön di posisi ke-57, Gary Snyder di posisi ke-67, Daisaku Ikeda di posisi 71, Y.M. Ajahn Brahm di posisi ke-77, Jack Kornfield di posisi ke-83, Tara Brach di posisi ke-98.

Dalam daftar tersebut juga terdapat beberapa tokoh yang karyanya sedikit banyak dipengaruhi oleh Agama Buddha, baik dalam bentuk tradisional atau melalui praktik mindfulness (berkesadaran penuh) atau minatnya pada filsafat Buddhis atau ajaran psikologis Buddhis. Di antaranya: Eckhart Tolle (4), Michael A. Singer (25), Ken Wilber (31), Jon Kabat-zinn (37).

Menurut situs web Watkins, beberapa faktor digunakan dalam menyusun daftar tokoh-tokoh berpengaruh tersebut. Tiga utamanya adalah bahwa orang tersebut masih hidup pada 1 Januari tahun ini, orang tersebut telah memberikan kontribusi global terhadap spiritualitas, dan mereka telah memiliki dampak yang dapat dilacak melalui metrik seperti pencarian Google, memiliki halaman Wikipedia , dan seterusnya. Terakhir, pembuat daftar tersebut mencatat bahwa mereka berhati-hati untuk memastikan bahwa tidak ada individu yang terdaftar yang menyebarkan pesan intoleransi atau kebencian.

Watkins Books merupakan sebagai toko buku esoteris tertua di London. Toko buku ini didirikan pada tahun 1897 oleh John M. Watkins, seorang teman dari pelancong dunia dan salah satu pendiri Teosofi, Helena Petrovna Blavatsky (1831-1891).[Bhagavant, 5/3/20, Sum]

Kata kunci:
Penulis: