Sains » Teknologi

Agama Buddha Jadi Salah Satu Kursus Online HarvardX Paling Tren 2018

Rabu, 13 Februari 2019

Bhagavant.com,
Massachusetts, Amerika Serikat – Program kursus Agama Buddha secara online yang diselenggarakan oleh Universitas Harvard menjadi salah satu topik yang paling tren untuk tahun 2018.

Ilmu komputer, ilmu data, arsitektur, dan agama adalah mata pelajaran yang sedang tren pada kursus HarvardX (yang fungsinya mirip dengan edX tetapi hanya berfokus pada komunitas Harvard).

“Orang-orang menginginkan keterampilan teknologi saat ini,” kata Bharat Anand, wakil rektor untuk Kemajuan dalam Pembelajaran di Universitas Harvard, seperti yang dilansir IBL News 10 Januari lalu.

Ia menambahkan bahwa kursus online paling populer lainnya “mencerminkan minat intrinsik dan keingintahuan tentang dunia tempat kita hidup.”

Agama Buddha dengan subjek “Buddhism Through Its Scriptures” menjadi salah salah satu dari 5 subjek program kursus online HarvardX yang paling tren tahun 2018. Empat subjek program kursus online HarvardX lainnya adalah CS50 Computer Science courses, Data Science, Pyramids of Giza: ancient Egyptian art and archaeology, dan The architectural imagination.

Dalam kursus Agama Buddha selama tiga hari setiap minggunya selama 4 pekan tersebut, dibahas mengenai keyakinan dan praktik umat Buddhis termasuk ajaran dari kitab suci. Pelajaran dilangsungkan dengan menggunakan video maupun teks yang dapat diselesaikan sesuai dengan waktu dari para peserta. Kursus ini sendiri tidak dipungut biaya (gratis).

Kursus online tersebut dibimbing oleh Profesor Charles Hallisey dari Harvard Divinity School, yang juga Dosen Senior Yehan Numata bidang Kesusastraan Buddhis, dan juga oleh Alexis Bader, seorang mahasiswi doktoral bidang Studi Buddhis di Komite Studi Agama di Universitas Harvard.

“Apakah Anda baru dalam mempelajari Agama Buddha atau telah mempelajarinya atau mempraktikkannya selama bertahun-tahun, kursus ini akan memberi Anda kesempatan untuk berkenalan dengan berbagai ajaran Buddhis sambil membimbing Anda untuk memikirkannya, dan diri Anda sendiri, dengan cara yang baru,” penjelasan mengenai kursus tersebut di situs web edX.

“Melalui kombinasi bacaan yang dipilih dengan hati-hati, baik teks-teks suci dan informasi, serta paparan berbagai bentuk praktik Buddhis seperti seni, praktik bakti, dan karya sastra, Anda akan belajar bagaimana menafsirkan, merenungkan, dan menerapkan ajaran para Buddha untuk hidup Anda sendiri dan memperdalam pemahaman Anda tentang Agama Buddha.”

Untuk tahun 2019 kursus online HarvardX yang terkait dengan Agama Buddha mengambil subjek “China’s First Empires and the Rise of Buddhism“, dan dibuka pada 4 Februari 2019 hingga 5 Februari 2020. Kursus ini akan berlangsung selama 15 pekan dengan 1 hingga 3 jam per minggunya.[Bhagavant, 13/2/19, Sum]

Kata kunci:
Penulis: