Tiongkok » Tokoh

Keyakinan pada Agama Buddha Bantu Jet Li Stabilkan Kesehatannya

Selasa, 5 Juni 2018

Bhagavant.com,
Beijing, Tiongkok – Jet Li, aktor bela diri kenamaan sempat mengejutkan dunia setelah foto dirinya yang mengalami perubahan karena sempat mengalami sakit menjadi viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Jet Li bersama seorang bhiksu Tibet dalam sebuah pertemuan. Foto: Facebook Jet Li

Ikon Hollywood, yang membintangi Lethal Weapon 4, Romeo Must Die dan lebih baru-baru ini Expendables 2, mengungkapkan kisah lima tahun lalu saat ia menderita hipertiroidisme.

Sebuah foto terbaru ia mengunjungi sebuah vihara di Tibet telah banyak beredar dan membuat banyak orang terkejut oleh penampilan Li yang lemah. Foto itu juga menunjukkan ia harus dibantu ketika ia berjalan.

Tahun lalu, aktor berusia 55 tahun yang lahir di Beijing ini berbicara tentang penyakitnya setelah lama absen dari mata publik di jamuan makan malam amal One Foundation di ibu kota Tiongkok.

Foto penampilan Jet Li yang viral di media sosial
Foto penampilan Jet Li yang viral di media sosial. Foto: Weibo

Jet Li kemudian mengatakan bahwa ia telah didiagnosis dengan tiroid yang terlalu aktif pada tahun 2010 dan meskipun ia minum obat yang menjaga penyakitnya, kondisinya terus kembali.

Hipertiroidisme menyebabkan perubahan dalam metabolisme dan detak jantung seseorang dan biasanya diobati melalui pengobatan.

Seperti yang dilansir South China Morning Post (23/5/2018), Li mengatakan keyakinannya yang kuat pada Agama Buddha serta meditasi dan membaca teks suci membantu menstabilkan kondisinya.

Aktor laga itu juga mengatakan bahwa beberapa tahun yang lalu dia tidak dapat melakukan aktivitas fisik yang penuh stres karena kondisinya.

Ia mengungkapkan dirinya telah diperingatkan oleh dokter pada 2013 bahwa ia “akan berakhir di kursi roda” jika dia terus membuat film laga yang menuntut penggunaan fisik.

Penampilan Jet Li 2018
Prbandingan penampilan Jet Li yang baik-baik saja (kiri) saat mengucapkan Tahun Baru Imlek 2018, dan foto yang viral Jet Li (kanan) saat mengunjungi Tibet.

Kekhawatiran para penggemarnya akhirnya mereda setelah aktor bernama asli Li Lianjie itu memberikan pernyataan serta sejumlah foto terkininya di akun resmi Facebook miliknya.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua penggemar saya yang menyatakan keprihatinan tentang kesehatan saya,” tulis Li di Facebook bersama dengan beberapa foto dirinya.

“Saya melakukan dengan luar biasa dan merasa luar biasa! Saya senang untuk berbagi dengan Anda semua beberapa proyek yang saya kerjakan dalam waktu dekat. Untuk saat ini, terima kasih atas semua perhatian Anda!”

Sebagai seorang Buddhis, Jet Li pernah mengungkapkan ia percaya bahwa kesulitan kehidupan sehari-hari dapat diatasi dengan bantuan filosofi religius.

Pada 18 Mei yang lalu Jet Li tampil di Institut Taiji Zen di Chengdu, sebuah institut bela diri yang didirikan olehnya bersama dengan Jack Ma, milioner pendiri Grup Alibaba. Ia mengungkapkan kondisinya yang baik-baik saja.

“Mereka mengatakan di internet, dengan ponsel mereka, bahwa saya difabel. Mereka mengatakan saya meninggal. Tapi saya baik-baik saja dan bahagia,” katanya.

Sebelumnya, Februari lalu Li juga mempromosikan film yang telah digarapnya berjudul Gong Shou Dao. Film tersebut dibintangi oleh dirinya dan Jack Ma serta aktor bela diri lainnya seperti Donnie Yen, Wu Jing, Tony Jaa, Jacky Heung, Asashōryū Akinori, Zou Shiming, dan Natasha Liu Bordizzo.

Ia juga tampil dalam sebuah video YouTube dalam rangka Tahun Baru Imlek 2018 pada Februari lalu.

Aktor yang pernah berperan di film Shaolin Temple (1982) kini bekerja sama dengan Disney untuk membintangi film “Mulan” yang akan rilis tahun 2020.[Bhagavant, 5/6/18, Sum]

Kata kunci:
Penulis: