Tiongkok

Anicca! Pagoda Kayu 16 Lantai di Sichuan Ludes Terbakar

Selasa, 12 Desember 2017

Bhagavant.com,
Sichuan, Tiongkok – Pagoda kayu berlantai 16 yang akan menjadi pagoda tertinggi di Asia yang terletak di Provinsi Sichuan, Tiongkok, ludes terbakar pada Minggu (10/12/2017).

Pagoda kayu berlantai 16 di kompleks Lingguan Mansion, di Jiulong, Kota Mianzhu, Provinsi Sichuan, Tiongkok, ludes terbakar pada Minggu (10/12/2017)
Pagoda kayu berlantai 16 di kompleks Lingguan Mansion, di Jiulong, Kota Mianzhu, Provinsi Sichuan, Tiongkok, ludes terbakar pada Minggu (10/12/2017). Foto: chinadaily.com.cn

Pagoda yang terletak di sebuah vihara di kompleks Lingguan Mansion, di Jiulong, Kota Mianzhu, dan yang dalam konstruksi hancur menjadi abu setelah api melahapnya mulai pukul 12.40 waktu setempat.

Api padam sekitar empat jam kemudian, pada saat bangunan tersebut telah hancur total. Menurut pemerintah setempat, seperti yang dilansir South China Morning Post, Senin (11/12/2017), mengatakan Tidak ada laporan jatuhnya korban.

Tidak ada korban dalam kebakaran pagoda kayu berlantai 16 ini.
Tidak ada korban dalam kebakaran pagoda kayu berlantai 16 ini. Foto: chinadaily.com.cn

Dalam video-video yang diunggah di media sosial, pagoda vihara tersebut terlihat diliputi oleh nyala api yang terang dan asap hitam.

Foto-foto yang dilansir oleh koran lokal Chengdu Commercial Daily menunjukkan bahwa pada saat kebakaran padam, pagoda tersebut hanya tinggal setumpuk kayu hangus. Sebuah aula puja berlantai dua juga hancur dalam kobaran api.

Tanpa sisa, pagoda hancur terbakar.
Tanpa sisa, pagoda hancur terbakar. Foto: chinadaily.com.cn

Kompleks Lingguan Mansion, yang dibangun pada masa dinasti Ming (1368-1644), hancur dalam gempa berskala 8 yang mengguncang Sichuan pada 2008.

Kemudian kompleks tersebut direstorasi namun kompleks vihara termasuk pagoda masih dalam proses pembangunan saat kebakaran hari Minggu terjadi.

Pagoda kayu berlantai 16 di kompleks Lingguan Mansion, dalam porses pembangunan sebelum terjadi kebakaran.
Pagoda kayu berlantai 16 di kompleks Lingguan Mansion, dalam porses pembangunan sebelum terjadi kebakaran. Foto: chinadaily.com.cn

Pemerintah mengatakan penyebab kebakaran pagoda kayu tersebut belum diketahui dan penyelidikan sedang dilakukan.[Bhagavant, 12/12/17, Sum]

Kata kunci:
Penulis: