Amerika » Amerika Serikat » Seremonial

Pertama Kali, Upacara Kathina Puja di Vihara Hutan New Hampshire

Selasa, 17 Oktober 2017

Bhagavant.com,
New Hampshire, Amerika Serikat – Upacara Kathina Puja diselenggarakan umat Buddhis di Vihara Jetavana (Temple Forest Monastery), New Hampshire, Amerika Serikat pada Minggu pekan lalu.

Umat memberikan persembahan kain jubah kepada bhikkhu Sangha dalam upacara Kathina Puja di Vihara Jetavana,
Umat memberikan persembahan kain jubah kepada bhikkhu Sangha dalam upacara Kathina Puja di Vihara Jetavana, Temple, New Hampshire, Amerika Serikat, Minggu (8/10/2017). Foto: Facebook Royal Thai Embassy, Washington D.C.

Kegiatan pindapata selalu diselenggarakan tiap hari di Vihara Jetavana New Hampshire, tapi pada Minggu (8/10/2017) lalu merupakan hal yang istimewa karena untuk pertama kalinya vihara tersebut menyelenggarakan upacara Kathina Puja.

Kompleks vihara yang biasanya sepi, pada Minggu itu dipenuhi lebih dari 200 komunitas Buddhis New England yang berkumpul untuk memberikan makanan dan mempersembahkan dana kain jubah dan perlengkapan lainnya kepada para bhikkhu.

Sebuah tenda putih berdiri di kompleks vihara sebagai tempat untuk melaksanakan upacara Kathina Puja.

Para bhikkhu dan samanera yang hadir mayoritas orang Barat (Kaukasus), dan di antaranya datang dari cabang tradisi di Amerika Utara. Sedangkan umat Buddhis yang hadir dari beberapa kalangan termasuk sekelompok umat dari Thailand dan duta besar Thailand untuk Amerika Serikat, Pisan Manawapat.

Penampakan luar tenda tempat penyelenggaraan upacara Kathina Puja di kompleks Vihara Jetavana, Temple, New Hampshire, Amerika Serikat, Minggu (8/10/2017). Foto: Facebook Linda Wheatley

Selama puja tersebut, seperti yang dilansir Concord Monitor, Jumat (13/10/2017), dua orang bhikkhu menerima persembahan kain atas nama seluruh anggota Sangha dari umat. Anggota Sangha kemudian memutuskan di antara mereka sendiri bhikkhu mana yang akan menerima persembahan kain tersebut. Kemudian kain tersebut dipotong dan dijahit menjadi jubah baru pada hari itu juga.

Pada Kathina Puja tahun ini, diputuskan bahwa Y.M. Jayanto, kepala Vihara Jetavana New Hampshire, mendapatkan kehormatan menerima persembahan jubah tersebut.

Para umat juga mempersembahkan berbagai dana lainnya seperti seprei hingga makanan dan obat-obatan.

Setelah puja tersebut, Y.M. Luang Por Pasanno, kepala Vihara Abhayagiri California yang juga hadir, memberikan sebuah ceramah Dhamma. Dan pada akhir kegiatan tersebut para umat awam memiliki kesempatan untuk bertemu dan berbicara dengan beberapa bhikkhu.

Kompleks Vihara Jetavana New Hampshire yang didirikan tahun 2014, saat ini dihuni oleh 12 orang bhikkhu tradisi hutan Theravada, namun jumlah tersebut berbeda-beda setiap musimnya.

Tidak ada rambu-rambu yang menandai jalan yang mengarah ke Vihara Jetavana yang damai yang terletak di atas sebuah bukit terpencil di Temple, New Hampshire.

Sebagai gantinya, pengunjung akan menemukan bendera berwarna kuning dengan lingkaran merah dekoratif yang dikenal sebagai bendera roda Dhamma.[Bhagavant, 17/10/17, Sum]

Kata kunci:
Penulis: