Asia Oseania » Asia Selatan » India » Perdamaian » Seremonial

Puja Bakti Perdamaian Dunia Di Bodh Gaya

Rabu, 5 November 2008

Bodh Gaya di IndiaANI,
Bodh Gaya, India – Sekelompok bhikkhu di Bodh Gaya melaksanakan puja bakti untuk perdamaian dunia dalam sebuah upacara tahunan yang dihadiri sekitar 100 umat Buddha dari Thailand pada hari Minggu.

Para bhikkhu menguncarkan paritta untuk perdamaian di seluruh dunia pada upacara “Kathin Cheeva Daan” atau Hari Raya Kathina. Peristiwa ini juga menarik perhatian para umat ketika para bhikkhu membuat rupang Sang Buddha hanya dalam 12 jam dari pagi sampai petang hari.

“Dalam satu tahun sekali dalam masa ini kami merasa perlu datang ke Bodh Gaya. Tahun ini kami akan melakukan puja bakti untuk perdamaian dunia dan juga kami membuat sebuah rupang Sang Buddha Gotama,” kata Paulsilpa Rattnachudech, salah seorang pengajar dari universitas Buddhis di Thailand.

Para umat dari Thailand datang ke Bodh Gaya saat “Chaturmas” (4 bulan setelah bulan ke-6) sebuah masa dimana para bhikkhu menetap disuatu tempat dan tidak meninggalkan vihara mereka.

“Semua bhikkhu dari seluru dunia berkumpul di Bodh Gaya saat masa ini. Kami datang ke sini dan bermeditasi serta mencari berkah dari Sang Buddha Gotama,” kata Payap Shinawatra, salah seorang umat dari Thailand.

Bodh Gaya merupakan salah satu dari pusat ziarah penting bagi umat Buddha. Bodh Gaya merupakan sebuah tempat dimana Buddha Gotama mencapai Pembebasan, dan sejak itu, Bodh Gaya menjadi sebuah tempat yang suci bagi umat Buddha dari seluruh dunia.

Pada masa ini, semua umat mendanakan makanan, pakaian dan hal lainnya yang berguna kepada para bhikkhu. Dan para penduduk lokal menyelenggarakan upacara khusus bagi para bhikkhu.

Kata kunci: , , ,
Penulis: