Sosial » Spanyol

Dialog Pertama Agama Buddha Theravada dan Katolik Ordo Karmel T.B

Senin, 17 Juli 2017

Bhagavant.com,
Avila, Spanyol – Sebuah pertemuan dan dialog pertama kalinya antara Agama Buddha tradisi Theravada dengan Agama Katolik ordo Karmel Tak Berkasut (Teresia / Discalced Carmelites) akan diselenggarakan pada 27-30 Juli 2017 di Avila, Spanyol.

Dialog antara Agama Buddha Theravada dan Agama Katolik Karmel Tak Berkasut (Teresian Mistisisme)
Dialog pertama antara Agama Buddha Theravada dan Agama Katolik Karmel Tak Berkasut (Teresian Mistisisme)

Pertemuan tersebut diprakarsai oleh Pusat Studi Teresian dan Sanjuanis Internasional (CITeS) Universitas Mistisisme (Universidad de la Mística) di Avila, Spanyol, bekerja sama dengan Pusat Studi Buddhis Universitas Hong Kong, Tiongkok.

Menurut penyelenggara, dialog lintas agama yang mengangkat tema “Meditasi dan Kontemplasi – Jalan Menuju Kedamaian” tersebut merupakan kebutuhan mendesak dalam masa krisis spiritual dan perpecahan di antara orang-orang.

Dalam undangannya, penyelenggara menyebutkan dialog tersebut bertujuan untuk saling memperdalam pemahaman keyakinan masing-masing dengan tidak menyangkal perbedaan antara kedua tradisi tersebut, atau mencoba untuk mereduksikannya menjadi sebuah denominasi bersama.

Sebaliknya, penyelenggara mengatakan, dialog diadakan di bawah prinsip kesetaraan, rasa hormat dan keinginan yang mendalam untuk bekerja sama, dialog yang tulus dan bermanfaat dan mengeksplorasi pilihan untuk mengatasi krisis spiritual saat ini.

Sejumlah tokoh Buddhis yang menjadi pembicara dalam dialog tersebut adalah, Y.M. Bhiksu Sik Hin Hung, Kepala Pusat Studi Buddhis Universitas Hong Kong (Tiongkok); Dr. Asanga Tilakaratne, Profesor bahasa Pali dan Studi Buddhis Universitas Kolombo (Sri Lanka); Y.M. Prof. Raluwe Padmasiri, Kepala Departemen Filasafat Buddhis Universitas Kelaniya, Sri Lanka; Y.M. Dr. Khammai Dhammasami, Pusat Studi Buddhis Oxford (Inggris-Myanmar); Y.M. Dr. Dhammadinnā , Profesor Dharma Drum Institute of Liberal Arts (Taiwan); Dr. G.A. Somaratne, Asisten Profesor Pusat Studi Buddhis Hong Kong (Tiongkok).

Dialog lintas agama tersebut merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan CITeS dalam acara bertajuk “Pertemuan Teresian Mistisisme Dunia dan Dialog Lintas Agama”. Dan pertemuan dialog pertama dilakukan dengan mengundang umat Buddhis Theravada.

Karmelit Tak Berkasut atau disebut Teresian merupakan cabang dari ordo Karmelit yaitu salah satu ordo atau tarekat dari Katolik.[Bhagavant, 17/7/17, Sum]

Kata kunci:
Penulis: