Asia Tenggara » Indonesia

12 Berita Buddhis Teratas Sepanjang Tahun 2016

Jumat, 30 Desember 2016

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Penghujung tahun 2016 telah tiba, dan selama 12 bulan berlalu berbagai berita Buddhis dari suluruh dunia datang silih berganti.

kalender kilas balik berita Buddhis

Banyaknya peristiwa di dunia Buddhis dari mancanegara membuat tidak sedikit dari peristiwa-peristiwa tersebut yang luput dari pemberitaan Berita Bhagavant. Dan dari sejumlah berita Buddhis yang terliput, ada sejumlah yang mendapatkan perhatian besar dari para pembaca sehingga menjadi berita teratas tahun 2016.

Berikut 12 berita Buddhis teratas sepanjang tahun 2016 di masing-masing bulan yang terpantau dan terliput Berita Buddhis Bhagavant yang mendapat perhatian dan rekomendasi besar para pembaca.

Januari 2016

Steven Seagal Berencana Bangun Kembali Vihara di Serbia
Aktor Hollywood, Steven Seagal berencana untuk membangun kembali sebuah vihara kuno di Beograd sambil mengembangkan sinematografi Serbia dan mempromosikan seni bela diri. (baca selengkapnya)

Februari 2016

Antara Cap Go Meh dan Perayaan Magha Puja
Sudah tradisi, perayaan Tahun Baru Imlek bagi etnis Tionghoa ditutup dengan perayaan Cap Go Meh (malam ke-15) saat bulan purnama. Namun, pada momen bulan purnama yang sama, umat Buddha memperingati Hari Raya Magha Puja (Pali: Māgha Pūjā), salah satu hari raya penting dalam Agama Buddha. (baca selengkapnya)

Maret 2016

Ini Dia Sekolah Buddhis Pertama di Melbourne, Australia
Pelajaran akademik dan meditasi menjadi bagian dari sekolah Buddhis pertama di Springvale di pinggir Kota Melbourne, Australia. (baca selengkapnya)

April 2016

Mongolia Bangun Rupaka Bodhisattva Maitreya Tertinggi di Dunia
Mongolia akan menjadi tempat bagi rupaka Bodhisattva Maitreya tertinggi di dunia yang saat ini dalam proses pembangunannya di luar ibu kota Ulan Bator. (baca selengkapnya)

Mei 2016

Buddhis Queensland Australia Rayakan Hari Vesak 2016
Ribuan Buddhis dan masyarakat umum Queensland, Australia, menghadiri sebuah festival perayaan Vesak 2016 yang diselenggarakan selama tiga hari di Parklands, South Bank, Brisbane. (baca selengkapnya)

Juni 2016

Pertama Kalinya Pakistan Rayakan Vesak Secara Resmi
Untuk pertama kalinya secara resmi Pakistan merayakan Hari Vesak atau dikenal dengan Buddha Purnima dengan sebuah festival, pada 30 Mei – 1 Juni 2016 yang lalu. (baca selengkapnya)

Juli 2016

Ini Penampakan yang Diduga Relik Tengkorak Buddha Gotama di Nanjing
Para arkeolog dari Tiongkok beberapa tahun lalu menemukan yang diduga sebagai relik tulang tengkorak Buddha Gotama yang tersimpan di bawah tanah sebuah situs bekas vihara di Provinsi Nanjing, Tiongkok. (baca selengkapnya)

Agustus 2016

Imigrasi Imbau Buddhis Indonesia Waspadai Bhiksu Palsu
Sebuah imbauan agar mewaspadai keberadaan para bhiksu palsu, disampaikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat kepada masyarakat khususnya umat Buddha yang tinggal di Indonesia. (baca selengkapnya)

September 2016

Cendekiawan Buddhis Bahas Penyalahgunaan Kesadaran Penuh
Penyalahgunaan kesadaran penuh (perhatian penuh – mindfulness) menjadi salah satu permasalahan yang dibahas oleh para cendekiawan Buddhis dari Indonesia dan mancanegara dalam sebuah forum internasional. (baca selengkapnya)

Oktober 2016

Sekitar 150 Kaum Dalit Gujarat Beralih Keyakinan Massal Jadi Buddhis
Sekitar 150 orang kaum Dalit dari sejumlah negara bagian di India beralih keyakinan memeluk Agama Buddha, pada peringatan Ashoka Vijaya Dashmi pada Selasa (11/10/2016). (baca selengkapnya)

November 2016

Gereja Methodist Diubah Jadi Vihara di Indiana, AS
Sebuah vihara yang bangun dari bekas gedung gereja, resmi dibuka menjelang akhir bulan lalu, dihadiri oleh para umat yang datang dari jauh dari Chicago, Ohio dan California. (baca selengkapnya)

Desember 2016

Permintaan Pendidikan Agama Buddha di NSW, Australia Meningkat
Permintaan terhadap pendidikan Agama Buddha di New South Wales (NSW), Australia, meningkat. Hal ini tercermin dari meningkatnya permintaan akan guru-guru Agama Buddha di sekolah-sekolah umum di NSW. (baca selengkapnya)

Itulah 12 berita Buddhis teratas sepanjang tahun 2016 di masing-masing bulannya. Untuk keseluruhan berita Buddhis sepanjang 2016 silahkan mengakses di sini.

Tetaplah bersama Berita Bhagavant untuk berita-berita Buddhis lainnya di tahun depan, dan Selamat Tahun Baru 2017![Bhagavant, 30/12/16, Sum]

Kata kunci:
Penulis: