Kesenian » Seni dan Budaya » Tiongkok

Tiongkok Ajukan Film Xuan Zang Ikuti Ajang Oscar

Jumat, 7 Oktober 2016

Bhagavant.com,
Beijing, Tiongkok – Film Xuan Zang, sebuah film drama sejarah bernuansa Buddhis, akan mewakili Tiongkok di ajang Academy Awards atau Oscar Ke-89, media Tiongkok melaporkan hal itu.

Poster film Da Tang Xuan Zang (2016).
Poster film Da Tang Xuan Zang (2016). Gambar: chuansong.me

Film berjudul “Dà Táng Xuán Zàng” (Tang Xuan Zang Yang Agung) yang dibintangi oleh aktor terkenal asal Tiongkok, Huang Xiaoming tersebut diajukan untuk masuk ke dalam kategori film berbahasa asing terbaik pada ajang bergengsi yang diselenggarakan pada Februari 2017.

Diproduseri oleh Wong Kar-wai dan disutradarai oleh Huo Jianqi, film Xuan Zang tersebut merupakan film pertama Sino-India (Tiongkok dan India) kerja sama antara Perusahaan Film Negara Tiongkok dengan Eros International asal India.

Film tersebut berkisah mengenai perjalanan seorang bhiksu cendekiawan bernama Xuan Zang (Xuanzang/Hyun Tsang) selama 17 tahun dari Tiongkok ke India yang terjadi selama Dinasti Tang. Ia mengunjungi sejumlah situs Buddhis di India termasuk Mahavihara Bodhi di Bodh Gaya dan bertemu Śīlabhadra, bhiksu paling senior dan kepala dari Mahavihara Nalanda di Magadha (sekarang Bihar).

Perjalanan tersebut menjadi inspirasi untuk kisah fantasi klasik Tiongkok berjudul “Perjalanan ke Barat” (Xīyóu Jì) karya Wu Cheng’en dan sejumlah versi serial televisinya.

Tentu saja, karena film Xuan Zang (2016) ini adalah film drama sejarah maka tidak akan ditemukan karakter fantasi seperti Sun Wukong si Kera Sakti atau pun siluman-siluman lainnya. Musik lagu Prajñāpāramitāhṛdaya Sutra (Sutra Hati) yang dilantukan oleh Faye Wong menjadi bagian dari film epos tersebut.

Film “Xuan Zang” telah dirilis pada April tahun ini dan meraup keuntungan 4,9 juta dolar Amerika Serikat di box office.

Media Tiongkok melaporkan bahwa film “Xuan Zang” mengalahkan film drama lain “Crosscurrent” dalam seleksi untuk bersaing di ajang Oscar yang belum pernah dimenangkan oleh Tiongkok.[Bhagavant, 7/10/16, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: