Seni dan Budaya » Tradisi dan Budaya » Vietnam

Sambut Ullambana Kota Ho Chi Minh Adakan Festival Budaya Buddhis

Minggu, 27 Agustus 2017

Bhagavant.com,
Kota Ho Chi Minh, Vietnam – Pekan budaya Buddhis diselenggarakan di Kota Ho Chi Minh, Vietnam, dalam rangka menyambut Hari Ullambana yang jatuh pada tanggal 15 bulan 7 penanggalan Imlek.

Sambut Ullambana, para anggota Sangha Vietnam meresmikan pembukaan pekan budaya Buddhis di Kota Ho Chi Minh, Vietnam, pada Senin (21/8/2017). Foto: nhandan.org.vn

Pekan budaya yang telah dimulai pada Senin (21/8) menyajikan berbagai program di antaranya pameran kesenian Buddhis, pekan raya pernak-pernik Buddhis dan makanan vegetarian.

Pameran ini menampilkan hampir 500 gambar bertema Agama Buddha, kaligrafi dan rupaka, sementara pameran budaya menampilkan 31 stan yang menampilkan benda-benda budaya Buddhis seperti kitab suci, buku, rekaman khotbah dan rupaka pratima suciwan Buddhis.

Pernak-pernik yang berhubungan dengan kehidupan umat Buddhis seperti dupa, lentera, dan teh juga di gelar.

Sementara itu, terdapat 18 stan makanan vegetarian yang menampilkan beragam pilihan makanan vegetarian dari seluruh negeri.

Y.M. Thich Nhat Tu, ketua departemen budaya Sangha Vietnam Kota Ho Chi Minh menyatakan, perayaan Ullambana yang dikenal dengan sebagai Vu Lan dalam bahasa Vietnam, sekarang telah tumbuh menjadi sebuah perayaan kebudayaan yang populer saat masyarakat mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang tua mereka.

Y.M. Thich Nhat Tu, seperti yang dilansir Nhan Dan pada Selasa (22/8/2017) juga menyatakan bahwa perayaan tersebut mendorong masyarakat untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada mereka yang telah memberikan bantuan, termasuk orang tua, guru dan mentor, leluhur bangsa dan manusia itu sendiri.

Pekan budaya Buddhis di Vietnam merupakan kesempatan untuk mengenalkan para umat Buddhis dan masyarakat umum tentang pengalaman budaya Buddhis yang berwujud atau non-wujud, membantu melindungi dan mempromosikan nilai-nilai Buddhis yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Pekan budaya Buddhis tersebut akan berlangsung hingga tanggal 5 September 2017, saat Hari Ullambana.[Bhagavant, 27/8/17, Sum]

Kata kunci:
Penulis: