Amerika » Amerika Serikat

Dalai Lama, Lady Gaga Bincang Kebaikan dengan Para Wali Kota AS

Kamis, 30 Juni 2016

Bhagavant.com,
Indiana, Amerika Serikat – Y.M. Dalai Lama Ke-14 bersama-sama dengan penyanyi pop Amerika Serikat Lady Gaga, melakukan bincang mengenai kebaikan dalam sebuah konferensi para wali kota se-Amerika Serikat di Indianapolis pada Minggu (26/6/2016).

Dari kiri, jurnalis Ann Curry, Dalai Lama, Lady Gaga dan Philip Anschutz seorang pengusaha dan filantropi, pada Konferensi Wali Kota AS di Indianapolis, Minggu 26 Juni 2016.
Dari kiri, jurnalis Ann Curry, Dalai Lama, Lady Gaga dan Philip Anschutz seorang pengusaha dan filantropi, pada Konferensi Wali Kota AS di Indianapolis, Minggu 26 Juni 2016. (AP Photo / Michael Conroy)

Mengakhiri kunjungannya ke Amerika Serikat, Dalai Lama diundang untuk memberikan pidato utama pada Pertemuan Tahunan Ke-84 Konferensi Para Wali Kota Amerika Serikat.

Sebelum bergabung dengan pertemuan tersebut Dalai Lama diwawancarai oleh Lady Gaga yang disiarkan secara langsung melalui Facebook. Lady Gaga memberikan beberapa pertanyaan kepadanya dari para netizen pengguna media sosial.

Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Lady Gaga adalah bagaimana untuk membantu orang-orang muda menghadapi berbagai masalah seperti rendah diri, menyakiti diri dan sebagainya.

“Permasalahan ini saya pikir karena kurangnya kemampuan memiliki perasaan belas kasih, terlalu ego sentris, maka hidup tidak bebas dari masalah. Masalah selalu ada tetapi sikap mental Anda adalah faktor kunci, sikap mental Anda adalah senada dengan kepercayaan diri,” kata beliau.

“Kita adalah makhluk sosial, sehingga masa depan kita tergantung pada seluruh anggota masyarakat. Oleh karena itu, lebih memperhatikan nilai-nilai batin seperti cinta kasih dan belas kasih adalah pendekatan yang tepat,” tambahnya.

Lady Gaga yang mengaku dirinya suka melakukan meditasi melanjutkan pertanyaan dari seorang netizen mengenai praktik meditasi apa yang baik.

“Bagi saya, meditasi analisis (vipassana – red) jauh lebih kuat,” kata beliau menyimpulkan setelah membandingkan dengan meditasi fokus (samatha) yang dapat menenangkan pada momen tertentu tetapi tidak menyelesaikan masalah yang muncul dari sikap mental.

Sedangkan dalam konferensi para wali kota se-Amerika Serikat, Dalai Lama mengatakan kepada lebih dari 200 wali kota tentang pentingnya bersikap baik dalam apa yang disebutnya dunia yang keras.

“Di planet biru kecil ini kita sedang menghadapi dampak perubahan iklim, penduduk kita meningkat dan sumber daya alam mengalami penurunan Di atas semua itu, kita menghadapi masalah lain, kita telah membuat kesulitan untuk diri kita sendiri. Tidak ada yang ingin menghadapi masalah, namun kita membuat mereka melalui menjadi egois dan tidak cukup peduli tentang orang lain. Kita memisahkan orang-orang ke dalam (kata) ‘kami’ dan ‘mereka’, yang mengarah kepada konflik dan kadang-kadang bahkan perang,” katanya.

Lady Gaga dalam pertemuan tersebut dengan bersemangat memperkuat penyataan Dalai Lama mengenai kebaikan.

“Yang benar-benar luar biasa dari kebaikan adalah ia gratis. Sumber yang terbaik yang kita miliki karena Anda dapat memberi dan memberi dan menerima kebaikan dan sumur di dalamnya tidak pernah kering,” kata pelantun lagu “Poker Face“, “Bad Romance” dan “Judas“.

Menjelaskan mengenai pemikiran tentang pengampunan, Y.M. Dalai Lama menyarankan untuk membedakan antara tindakan yang salah yang telah dilakukan seseorang dengan pribadi orang yang melakukannya. Dia mengatakan bahwa ketika seseorang berperilaku buruk atau mengambil keuntungan dari Anda, adalah benar untuk menentangnya. Yang penting adalah untuk tidak kehilangan belas kasih kepada orang tersebut, sesama manusia yang melakukan hal itu.[Bhagavant, 30/6/16, Sum]

Kata kunci:
Penulis: