Indonesia » Travel

Ada Sinterklas di Borobudur Saat Libur Natal

Jumat, 25 Desember 2015

Bhagavant.com,
Jawa Tengah, Indonesia – Dua pria berkostum Sinterklas di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, beraksi menyambut para wisatawan yang baru datang di candi Buddhis tersebut.

Candi Borobudur, candi Buddhis terbesar di Indonesia.
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Kedua pria berkostum Sinterklas yang diketahui ternyata adalah petugas Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) membagikan beberapa hadiah kepada para pengunjung anak-anak saat libur Natal 2015 ini berupa permen dan alat tulis.

Chrisnamurti Adiningrum, Kepala Unit PT. TWCB, menjelaskan bahwa Sinterklas yang menyambut wisatawan itu sengaja dihadirkan untuk memeriahkan perayaan Natal 2015 di Candi Borobudur, seperti yang dilansir Kompas, Jumat (25/12/2015).

Petugas mengenakan kostum sinterklas menyambut wisatawan Candi Borobudur Magelang, Kamis (24/12/2015).
Petugas mengenakan kostum sinterklas menyambut wisatawan Candi Borobudur Magelang, Kamis (24/12/2015). Foto: Kompas.com/Ika Fitriana

“Sinterklas ini untuk memberikan warna baru pada liburan Natal 2015, anak-anak senang diberi hadiah oleh Sinterklas walaupun cuma permen dan buku,” kata Chrisna di Borobudur Magelang, Kamis (24/12/2015).

Selain Sinterklas, Chrisna mengatakan ada juga petugas yang mengenakan pakaian adat Jawa. Begitu juga Duta Wisata Magelang ikut menyambut para wisatawan di gerbang utama menuju Candi Borobudur.

“Masa liburan sejak 19 Desember 2015 sampai 3 Januari 2016 kami memberikan pelayanan tambahan bagi pengunjung, jadi mereka tidak hanya menikmati keindahan candi tapi juga beragam seni tradisional dari masyarakat sekitar Candi Borobudur,” tambahnya.

Chrisna mengakui bahwa berbeda dengan liburan Lebaran, pada liburan Natal dan Tahun Baru mayoritas wisatawan yang berkunjung ke candi bernapaskan Agama Buddha itu adalah pelajar karena bertepatan dengan liburan sekolah.[Bhagavant, Kompas, 25/12/15, Sum]

 

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN: