Arkeologi » Asia Tenggara » Vietnam

Museum Kebudayaan Buddhis Pertama Vietnam Dibuka di Da Nang

Rabu, 23 Desember 2015

Bhagavant.com,
Hanoi, Vietnam – Museum kebudayaan Buddhis yang untuk pertama kalinya ada di Vietnam akan resmi dibuka di pusat Kota Da Nang dengan menampilkan lebih dari 500 benda-benda antik Buddhis termasuk artefak yang diberi peringkat sebagai harta nasional.

Museum Kebudayaan Buddhis yang pertama di Vietnam.
Museum Kebudayaan Buddhis yang pertama di Vietnam. Foto: vietnamnet.vn

Museum Kebudayaan Buddhis yang berada di dalam Vihara Quan The Am (Avalokitesvara) di Distrik Ngu Hanh Son telah mendapatkan izin dari pemerintah kota dan berdiri pada akhir 2014 yang lalu.

Pihak vihara mempersiapkan ruang pameran besar untuk menampilkan sekitar 700 benda-benda antik yang berkaitan dengan Agama Buddha, yang dijadwalkan dibuka pada tanggal 24 Desember 2015 ini, demikian yang dilansir VietnamNet, Selasa (15/12/15).

Sebagai tambahan, banyak rupaka-rupaka Buddha kuno yang berasal dari sumbangan negara-negara seluruh dunia untuk pameran tersebut.

Huynh Quoc Dinh Thien, wakil direktur Museum Da Nang mengatakan mereka tidak sengaja menemukan “rumah harta” dari sekitar 500 benda, dengan lebih dari 200 benda antik ditemukan di Vihara Quan The Am. Koleksi benda-benda antik Buddhis yang dilestarikan di vihara tersebut memiliki nilai yang besar. Dari rupaka-rupaka Buddha hingga pedupaan perunggu hingga benda-benda puja bakti, semuanya merupakan harta yang unik.

Nguyen Dinh Chien, wakil direktur Museum Sejarah Nasional Vietnam, mengatakan ia terkesan pada kelangkaan dan nilai berharga benda-benda tersebut. Ia mengatakan bahwa banyak benda-benda antik ini merupakan harta nasional. Benda-benda tersebut di antaranya sebuah rupaka terbuat dari batu giok putih berharga dalam bentuk bodhisattva memegang bayi dalam pelukannya, dan satu set delapan rupaka Buddha yang terbuat dari perunggu dari abad ke-9.[Bhagavant, 23/12/15, Sum]

Kata kunci:
Penulis: