Indonesia

Puluhan Vihara di Jakarta Jadi Incaran Terduga Teroris Ciputat

Kamis, 2 Januari 2014

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Keberhasilan Densus 88 Antiteror Mabes Polri menyergap para terduga teroris di Jalan AMD, Kelurahan Kampung Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, pada malam Tahun Baru 2014, mengungkap adanya daftar puluhan vihara di DKI Jakarta yang menjadi target incaran para terduga teroris tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Brigjen (Pol) Boy Rafli Amar saat melihat lokasi penggerebekan pada hari pertama tahun baru.

Vihara Ekayana Arama - Indonesia Buddhist Centre. Foto Ekayana.or.id.
Vihara Ekayana Arama – Indonesia Buddhist Centre. Foto Ekayana.or.id.

“Ada target-target vihara yang jumlahnya di situ di seluruh ibu kota. Ada sekitar lebih dari 20 sampai 30 titik lokasi,” katanya, seperti yang dilansir Kompas pada Rabu (1/1/2014).

Boy mengatakan daftar target itu berisi nama-nama vihara yang tersebar di DKI Jakarta, terutama Jakarta Utara dan Jakarta Selatan. Daftar itu, katanya, sudah dicetak dari komputer dalam bentuk hard copy.

Daftar vihara itu diduga merupakan target rencana para terduga teroris yang tewas ditembak kemarin malam.

“Ini juga terkait yang sudah dilakukan yaitu di Vihara Ekayana yang terjadi pada Agustus lalu,” ucapnya.

Seperti diberitakan, rumah kontrakan yang digerebek berlokasi di Gang H Hasan, Jalan KH Dewantoro, RT 04 RW 07, Kelurahan Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Diduga, rumah ini merupakan tempat berkumpul bagi kelompok terduga teroris terkait penembakan polisi dan ledakan di Vihara Ekayana Arama, pada tahun 2013 yang lalu.

Penggerebekan tersebut merupakan pengembangan atas penyelidikan kasus ledakan bom di Vihara Ekayana beberapa waktu lalu. “Semuanya berkembang dari Ekayana itu,” kata Boy di lokasi.

Meskipun para terduga teroris telah berhasil dilumpuhkan, namun kewaspadaan dan keamanan di vihara-vihara perlu tetap dijaga.[Bhagavant, Kompas, 2/1/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: