Asia Oseania » Asia Tenggara » Indonesia » Perdamaian » Tokoh

Kunjungan Y.M Chin Kung di UIN Jakarta

Jumat, 14 Januari 2011

Buddhisme di IndonesiaBhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Dalam rangkaian kunjungannya di Indonesia, Y. M Prof. Dr. (HC) Master Chin Kung memberikan kuliah umum di Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta di Auditotium Prof. Dr. Harun Nasution, Kamis (13/1).

Rektor UIN, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat dan Dekan Fakultas Ushuluddin Prof. Dr. Zainun Kamaluddin Fakih, menyambut hangat kedatangan Y. M Chin Kung yang tiba di lokasi pada pukul 09.00 WIB.

Dihadiri lebih kurang 800 mahasiswa serta puluhan dosen UIN, Y. M Chin Kung memberikan kuliah umum bertema “Peranan Agama dalam Menyelesaikan Semua Konflik dan Menciptakan Perdamaian Dunia” selama sekitar tiga jam dalam bahasa Tionghoa yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Dalam kuliahnya, Y.M Chin Kung kembali menegaskan mengenai misi setiap agama di dunia. Beliau mengatakan bahwa setiap agama mengajarkan tentang nilai-nilai harmoni dan perdamaian untuk kesejahteraan manusia. Tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan dan konflik. Agama mana pun memiliki tugas mulia dan mengemban misi suci.

“Seperti halnya Buddhisme, Islam juga memiliki misi yang sama, yakni menyebarkan cinta kasih kepada umatnya,” demikian kata Master yang lahir di wilayah Lujiang, propinsi Anhui, China, pada tahun 1927.

Lebih lanjut Master Chin Kung menyampaikan bahwa agama memiliki tanggung jawab moral terhadap generasi muda untuk melanjutkan cita-cita perdamaian. Untuk mewujudkan tersebut perlu ada landasan kerja sama yang kokoh antara pemeluk agama sehingga tercapai perdamaian dan peningkatan kesejahteraan manusia di dunia.

Kunjungan Master Chin Kung ke UIN Jakarta bukanlah untuk yang pertama kalinya. Sebelumnya beliau pernah berkunjung untuk memberikan beasiswa Yayasan Buddha Amitabha dan mendirikan Chin Kung Corner. Kemudian, ia juga pernah menerima gelar Doktor Kehormatan (Honouris Causa) dari UIN Jakarta pada tahun 2004 atas jasa-jasanya menyebarkan perdamaian di dunia.

Sebelum kunjungannya ke UIN Jakarta, Master Chin Kung juga menghadiri seminar nasional bertajuk melestarikan semangat K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam kebangsaan dan multikulturlisme yang digelar dalam rangka mengenang satu tahun wafatnya almarhum Gus Dur yang berlangsung Senin (10/1) pukul 09.00 WIB, di Flores Ballroom Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng No 1, Jakarta Pusat.

Selanjutnya, dalam rangkaian kunjungannya di Indonesia, beliau juga mengunjungi makam Gus Dur di Jombang, Jawa Timur, pada Jumat (14/1/2011).

Master Chin Kung adalah pendiri dari Corporate Body of the Buddha Educational Foundation, sebuah organisasi berdasarkan pada ajaran Buddhisme Mahayana tradisi Tanah Suci. Beliau dikenal akan penggunaan teknologi modern untuk menyebarluaskan ajaran Buddha.[Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN: