Asia Oseania » Tokoh

Dalai Lama Beri Ucapan Selamat Suu Kyi Menang Pemilu

Minggu, 15 November 2015

Bhagavant.com,
New Delhi, India – Y.M. Dalai Lama Ke-14 mengucapkan selamat kepada Aung San Suu Kyi atas kemenangan partainya dalam pemilihan umum di Myanmar (Birma) pada pekan lalu.

Dalai Lama Ke-14 dan Aung San Suu Kyi saat pertemuan di London, Inggris, pada 19 Juni 2012
Dalai Lama Ke-14 dan Aung San Suu Kyi saat pertemuan di London, Inggris, pada 19 Juni 2012. Foto: thetibetpost.com

Dalam suratnya pada Jumat (13/11/2015), Dalai Lama berharap kepada rekan sejawatnya dalam peraih Penghargaan Nobel Perdamaian tersebut agar ia akan memenuhi aspirasi masyarakat.

“Ini merupakan refleksi dari kepercayaan masyarakat bahwa Anda akan dapat membantu mereka memenuhi harapan dan aspirasi mereka,” tulis Dalai Lama.

“Pemilihan ini merupakan tonggak bersejarah bagi Myanmar. Ada iktikad baik yang besar sekali dan dukungan mendunia untuk berkembangnya demokrasi ini di Myanmar. Saya yakin bahwa semua pihak yang berkepentingan akan membuat kesempatan besar ini dalam semangat perdamaian dan rekonsiliasi.”

Seperti yang dilansir situs resmi Dalai Lama, ia juga memperingatkan putri mendiang Jenderal Aung San tersebut untuk menjangkau semua lapisan masyarakat.

“Sebagai sesama Buddhis, perkenankan saya kembali mengingatkan perlunya Anda untuk menjangkau semua lapisan masyarakat. Ada sebuah kebutuhan untuk membangun hubungan antar agama lebih dekat di antara seluruh penduduk. Hal ini tidak hanya akan mendapatkan iktikad baik dan penghormatan dunia, tetapi juga merupakan cara yang pantas dan realistis untuk membawa maju negara. Di atas semuanya, saya merasa ini adalah demi kepentingan terbaik Myanmar.”

Dalai Lama mengakhiri suratnya dengan mengekspresikan apresiasi persahabatan dari Aung San Suu Kyi, dan berharap semoga ia memiliki kesehatan dan kekuatan yang baik dalam menghadapi banyak tantangan yang terbentang di depan dalam rangka mengamankan pembangunan Myanmar dan perkembangan masyarakatnya.

Partai pimpinan Aung San Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (National League for Democracy – NLD) memenangkan pemilihan umum 2015 Myanmar yang diselenggarakan secara damai pada 8 November 2015.[Bhagavant, 15/11/15, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN: