Eropa » Inggris Raya » Seremonial

Kathina Puja 2015 di Vihara London, Inggris Raya

Jumat, 6 November 2015

Bhagavant.com,
London, Inggris Raya – Berakhirnya masa vassa para bhikkhu di Vihara London, Inggris Raya, diikuti dengan penyelenggaraan Kathina Puja 2015 yang diadakan pada Minggu (1/11/2015).

Suasana Kathina Puja 2015 di Vihara London, Inggris Raya, Minggu (1/11/2015)
Suasana Kathina Puja 2015 di Vihara London, Inggris Raya, Minggu (1/11/2015). Foto: sriexpress.com

Kathina Puja yang hanya dapat diselenggarakan sekali dalam setahun tersebut diselenggarakan dengan bimbingan Kepala Vihara London yang sekaligus merupakan Kepala Sangha Inggris Raya, Y.M. Bogoda Seelawimala Nayaka Thera.

Selain 5 orang bhikkhu pemukim Vihara London, Wakil Petahana Vihara Maharaja Bellanwila sekaligus Penasihat Universitas Sri Jayawardhanapura di Sri Lanka, Y.M. Profesor Bellanwila Wimalarathana Nayaka Thera, dan 6 bhikkhu lainnya dari sejumlah wilayah Inggris Raya, menghadiri acara tersebut.

Umat Buddha di Vihara London menggiring jubah Kathina 2015 untuk dipersembahkan.
Umat Buddha di Vihara London menggiring jubah Kathina 2015 untuk dipersembahkan. Foto: sriexpress.com

Seperti yang dilansir Sriexpress, Selasa (3/11/2015), Y.M. Bogoda Seelawimala Nayaka Thera menyambut Maha Sangha dan semua umat Buddha yang hadir serta menyampaikan anusāsana (nasihat) menjelaskan awal dan pentingnya upacara persembahan jubah Kathina. Ia mengatakan bahwa Kathina Puja merupakan upacara persembahan dana yang paling penting selama setahun dalam penanggalan Buddhis.

Para bhikkhu melakukan sanghakamma (upacara) menentukan siapa yang menerima jubah Kathina
Para bhikkhu melakukan sanghakamma (upacara) menentukan siapa yang menerima jubah Kathina. Foto: sriexpress.com

Dalam kesempatan itu para bhikkhu melakukan sanghakamma (upacara), untuk memutuskan siapa yang berhak menerima jubah Kathina yang telah dipersembahkan oleh umat.

Di akhir Kathina Puja, Y.M. Thawalama Bandula Thera, salah seorang bhikkhu pemukim Vihara London, mengucapkan terima kasih kepada Maha Sangha, para sponsor, setiap orang yang hadir, anggota Dayaka Sabha, serta semua pendukung vihara atas kerja keras mereka untuk membuat Kathina Puja tahun ini sukses.[Bhagavant, 6/11/15, Sum]

Kata kunci:
Penulis: