India » Travel

National Geographic Akan Buat Dokumenter “Jalur Buddhis”

Rabu, 7 Oktober 2015

Bhagavant.com,
Uttar Pradesh, India – Sebuah proyek dokumenter mengenai “Jalur Buddhis” (Buddhist Circuit) akan dibuat oleh Departemen Pariwisata India bekerja sama dengan National Geographic untuk menarik para wisatawan asing.

Ilustrasi: Jalur Buddhis India.
Ilustrasi: Jalur Buddhis India.

Departemen Pariwisata India juga telah melibatkan perusahaan periklanan untuk mempersiapkan kampanye promosi untuk kota-kota tujuan wisata seperti Allahabad, Agra dan Varanasi, serta distrik-distrik yang ada di dalam “Jalur Buddhis”.

National Geographic (NG) juga telah diberi tugas untuk menyoroti seputar wilayah Buddhis yang meliputi distrik Kaushambi, Sarnath, Shravasti, Mahoba di antara yang lainnya. Proyek dokumenter tersebut akan diperuntukan untuk masyarakat internasional sedangkan kampanye promosi audio-video diharapkan untuk menarik wisatawan domestik di negeri tersebut.

Di Allahabad, tim NG akan menyoroti pentingnya Taman Chandrasekhar Azad dan Benteng Akbar terletak di tepi Sungai Yamuna. Di distrik tetangga Kaushambi, tempat-tempat Buddhis yang terkenal akan direkam. Pengambilan gambar tersebut akan berlangsung dalam beberapa tahap yang dimulai pada 12 dan 13 Oktober.

Manju Chowdhry, pejabat pariwisata daerah mengatakan, “Pada tahun 2014, setidaknya 35,7 juta  wisatawan datang ke kota tersebut, hanya 107 ribu orang asing dan sisanya domestik. Kami ingin meningkatkan arus wisatawan asing di kota tersebut. Jadi, National Geographic dan perusahaan periklanan yang berbasis di Lucknow telah bekerja sama untuk membuat komunitas global sadar akan pentingnya agama dan sejarah kota tersebut.”

Ia juga mengatakan, “Proyek ini secara serentak dilakukan di Kota Agra, Varanasi dan tempat-tempat yang berada di Jalur Buddhis.” Sesuai data, tujuh tempat yang disiapkan untuk Jalur Buddhis di negara bagian tersebut menarik 2,8 juta wisatawan, yang lebih dari 14 persennya adalah orang asing.

Perusahaan periklanan yang berbasis di Lucknow akan membuat acara pomosi untuk Pariwisata Uttar Pradesh. “Ini akan ditayangkan secara teratur melalui format audio dan video sehingga dapat menarik wisatawan dari seluruh negeri. Kami juga mencoba untuk memperkenalkan ‘budaya pariwisata’ di kota tersebut. Untuk saat ini, kami menyambut para wisatawan yang tiba di kota melalui stasiun kereta api dengan melakukan aarti (baca: arati – ed) dan pengalungan bunga kepada mereka,” kata Chowdhry menambahkan.

Jalur Buddhis sendiri merupakan sebuah rute perjalanan yang menghubungan situs-situs Buddhis bersejarah di India seperti Bodh Gaya, Kaushambi, Sarnath, Sankisa (Sankassa), Sravasti, dan Kushinagar.[Bhagavant, 7/10/15, Sum]

Kata kunci:
Penulis: