Jerman

Tempat Pemakaman Buddhis Pertama di Dresden, Jerman

Kamis, 1 Oktober 2015

Bhagavant.com,

Saxony, Jerman – Tempat pemakaman Buddhis pertama di bagian timur Jerman resmi dibuka di Kota Dresden setelah serangkaian upacara khidmat dilakukan di Pemakaman Umum Heide pada Minggu (27/9/2015).

Pemakaman Buddhis pertama di Dresden, Jerman, resmi dibuka.
Pemakaman Buddhis pertama di Dresden, Jerman, resmi dibuka. Foto: phatgiaosachsen.com

Upacara peresmian yang diprakarsai oleh Vietnamesisch Buddhistischen Kulturzentrums (VBK – Pusat Kebudayaan Vietnam) di Sachsen (Saxony) dihadiri oleh sekitar 200 orang termasuk perwakilan kota dan negara, warga minoritas Vietnam di Saxony, dan sejumlah anggota sangha.

Seperti yang dilansir Mitteldeutscher Rundfunk, Senin (28/9/2015), dalam peresmian pemakaman Buddhis tersebut hadir juga delegasi umat Buddha dari Hongaria, Polandia dan Republik Ceko. Mantan Walikota Dresden, Helma Orosz, menjadi tamu kehormatan dalam acara tersebut. Dalam kegiatan tersebut dilakukan juga serangkaian puja bakti. Sedangkan upacara penyakralan dilakukan pada hari Sabtu.

Tempat pemakaman yang diberi nama “Ort der Rückkehr” (Vietnam: Cõi Đi Về – Tempat untuk Kembali) terbuka bagi umat Buddha dari semua latar belakang bangsa dan tradisi Buddhis, demikian yang disampaikan juru bicara VBK, Hoang Thanh An, seperti yang dilansir Mopo24, Minggu (27/9/2015).

Pemakaman seluas 2.000 meter persegi tersebut didesain dengan bentuk denah berupa Dhammacakka (Roda Dharma) dengan delapan jeruji dan sebuah rupaka Buddha terbuat dari granit seberat 10 ton berada dipusat titik temu kedelapan jeruji tersebut.

“Ort der Rückkehr” (Tempat untuk Kembali) menjadi nama pemakaman Buddhis pertama di Jerman Timur.
“Ort der Rückkehr” (Tempat untuk Kembali) menjadi nama pemakaman Buddhis pertama di Jerman Timur. Foto: phatgiaosachsen.com

Mayoritas umat Buddha di Saxony berasal dari Vietnam. Pada awal Oktober 2014, pemerintah Kota Dresden telah memberikan persetujuan untuk pembangunan pemakaman tersebut. Komunitas warga Vietnam telah lama berkampanye untuk dapat memakamkan mereka yang meninggal sesuai dengan agama mereka. Di Saxony terdapat sekitar 8.000 warga Vietnam, 3.500 dari mereka tinggal di Dresden. Delapan puluh persen dari mereka adalah umat Buddha.

Banyak warga Vietnam yang telah datang pada tahun70-an dan 80-an sebagai pekerja kontrak di Jerman Timur. Sekarang mereka juga telah menemukan sebuah tempat ibadah di Saxony.

Di Jerman sendiri terdapat pemakaman Buddhis di Berlin dan Hannover. Sebelum peresmian pada hari Minggu tersebut, belum ada pemakaman Buddhis di Jerman Timur dan Eropa Timur.[Bhagavant, 1/10/15, Sum]

Kata kunci:
Penulis: