Amerika » Amerika Serikat » Pelayanan Buddhis

Resmi Dibuka Vihara Indonesia Pertama di New York

Selasa, 30 Juni 2015

Bhagavant.com,
New York, Amerika Serikat – Menjadi sebuah momen menggembirakan bagi umat Buddha di Indonesia saat vihara Indonesia pertama di Kota New York, Amerika Serikat resmi dibuka pada Minggu (21/6/2015).

Y.M. Bhikkhu Phragru Dhammadhron Sombat (Phra Sombati Pavitto) dari Thailand dan Y.M. Jayamedho dari Inbdonesia, membuka tirai papan nama Vihara Parivara Dhamma Acala, dalam upacara peresmian. Minggu (21/6/2015).
Y.M. Bhikkhu Phragru Dhammadhron Sombat (Phra Sombati Pavitto) dari Thailand dan Y.M. Jayamedho dari Inbdonesia, membuka tirai papan nama Vihara Parivara Dhamma Acala, dalam upacara peresmian. Minggu (21/6/2015). Foto: FB Keluarga Buddhis Indonesia – New York

Dalam rangkaian peringatan Hari Raya Tri Suci Vesak 2559/2015, Vihara Parivara Dhamma Acala yang merupakan vihara Indonesia pertama dipantai timur Amerika Serikat, resmi dibuka pada pukul 09.09 waktu setempat, saat Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York, Ghafur Akbar Dharmaputra memukul gong dalam upacara peresmian vihara yang terletak di 86-40 56th Avenue, Elmhurst, New York.

Upacara peresmian vihara tersebut dihadiri oleh 9 anggota Sangha yang di antaranya Y.M. Bhikkhu Phragru Dhammadhron Sombat (Phra Sombati Pavitto) dari Thailand dan Y.M. Bhikkhu Jayamedho dari Indonesia yang mewakili Sangha Theravada Indonesia, juga dihadiri oleh diaspora Indonesia yang bergabung dalam Keluarga Buddhis Indonesia di New York, dan Deputi Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di PBB, Muhammad Ansor.

Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York, Ghafur Akbar Dharmaputra memukul gong dalam upacara peresmian Vihara Parivara Dhamma Acala, Minggu (21/6/2015).
Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York, Ghafur Akbar Dharmaputra memukul gong dalam upacara peresmian Vihara Parivara Dhamma Acala, Minggu (21/6/2015). Foto: Mata Independen

Seperti yang dilansir situs blog Mata Independen, Kamis (25/6/2015), sesaat sebelum peresmian, Ghafur Akbar Dharmaputra menyampaikan harapannya agar komunitas Buddhis Indonesia di New York dapat memanfaatkan Vihara ini sebagai tempat berkumpul dan beribadah. Beliau sangat senang melihat keakraban dan niat baik antara sesama diaspora Indonesia disini.

Sementara dalam sambutan singkatnya deputi PTRI di PBB, Muhammad Ansor, menyampaikan bahwa saat ini kita semua sedang menghadapi berbagai tantangan, keragaman agama yang dipeluk masyarakat Indonesia hendaknya dapat memberikan pesan perdamaian dan menekankan pentingnya untuk saling menghormati dan menjunjung tinggi nilai yang diajarkan Buddha Gautama.

Setelah pemukulan gong oleh Konjen RI, dalam kesederhanaan upacara peresmian vihara dilanjutkan dengan penyucian altar puja bakti dan peletakan pelita oleh umat vihara.

Vihara Parivara Dhamma Acala, New York, Amerika Serikat
Vihara Parivara Dhamma Acala, New York, Amerika Serikat. Foto: Mata Independen

Vihara Parivara Dhamma Acala yang berarti “Pengiring (pengikut) Kebenaran Yang Tak Tergoyahkan”, berdiri atas prakarsai Keluarga Buddhis Indonesia di New York yang mendapatkan bimbingan dari Y.M. Bhikkhu Sombati Pavitto dan Y.M. Bhikkhu Sukhemo (dari Indonesia).

Sonny Thio yang menjabat sebagai ketua umum vihara mengatakan bahwa komunitas Buddhis Indonesia di New York telah mulai melakukan kebaktian bersama sejak tahun 2003 namun baru sekarang memiliki tempat kebaktian sendiri. Beliau berharap agar dengan keuletan dan ketangkasan, umat Buddha dapat melestarikan ajaran sederhana Buddha Gautama yang jika dilaksanakan dengan kesungguhan akan melindungi tidak hanya diri kita sendiri tetapi juga semua orang yang berada di sekeliling sesuai pesan Waisak tahun 2559/2015: “Dhamma Melindungi Mereka Yang Melaksanakannya“.

Dalam pesannya Y.M. Bhikkhu Jayamedho berharap Vihara Parivara Dhamma Acala dapat menjadi tempat tidak hanya untuk menggodok kehidupan spiritual tetapi juga persaudaraan sesama diaspora Indonesia.[Bhagavant, Mata Independen, 30/6/15, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: