Indonesia » Kesenian

Pertama, Kabaret Perjalanan Guru Besar Xuan Zang

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Perkembangan Agama Buddha khususnya di Timur Jauh tidak lepas dari peran besar salah satu bhiksu cendekiawan asal Tiongkok, Xuan Zang (Hsüan-tsang) atau juga dikenal dengan nama Tang Sanzang (Kanton/Konghu: Tong Sam Zong) yang melakukan perjalanan ke India pada tahun 629-645 dan menerjemahkan beragam kepustakaan Buddhis dari bahasa Sanskerta ke dalam bahasa Tionghoa.

Kabaret Perjalanan Guru Besar Xuan Zang
Kabaret Perjalanan Guru Besar Xuan Zang

Perjalanan bersejarah Xuan Zang tersebut kini tertuang dalam sebuah pertunjukan berupa pementasan kabaret bertajuk “Perjalanan Dharma Guru Besar Xuan Zang” yang hadir untuk pertama kali di Indonesia.

Pementasan kabaret yang merupakan kegiatan amal yang dipersembahkan oleh Yayasan Dharmsagara (Vihara Dharmasagara) Taman Sari, Jakarta Barat tersebut akan diselenggarakan pada 28 dan 29 Maret 2015 di Nusa Indah Theatre, Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto Kavling 37, Jakarta Selatan, Indonesia.

Seluruh hasil dari kegiatan amal tersebut direncanakan untuk pembanguan Klinik Cuci Darah Yayasan Dharmasagara.

Pementasan kabaret itu sendiri dimainkan oleh para pemain kabaret profesional dari Vihara Foo Hai Ch’an, Singapura, dengan mengikutsertakan teknologi panggung seni 3 dimensi (3D) dan teknologi pencahayaan LED (light-emitting diode – diode pancaran cahaya) teater sebagai pendukung latar belakangnya, yang akan memberikan pengalaman teater tersendiri bagi para penononnya.

Pada hari pertama pertunjukan (Sabtu, 28/3/2015), rencananya akan ditampilkan pula penampilan khusus berupa pementasan seni bela diri wushu, Di Zi Gui (sebuah pendidikan budi pekerti Tionghoa), dan vokal grup dari Sekolah Mahabodhi Vidya.[Bhagavant, 20/3/15, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN