Indonesia » Kesenian » Seni dan Budaya

Borobudur Inspirasi Kostum Nasional Puteri Indonesia 2014

Sabtu, 21 Februari 2015

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Candi Borobudur yang merupakan karya umat Buddha Indonesia masa lampau sekali lagi menunjukkan keindahan dan kemegahannya yang dapat memberikan inspirasi bagi karya besar lainnya. Salah satunya adalah inspirasi untuk busana atau kostum nasional yang dikenakan oleh Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira, dalam ajang Miss Universe ke-63 di Miami, Florida, Amerika Serikat pada Minggu (25/1/2015).

Borobudur menjadi inspirasi kostum nasional
Borobudur menjadi inspirasi kostum nasional “The Chronicle of Borobudur” dari Puteri Indonesia, Elvira Devinamira, di konstes kecantikan Miss Universe ke-63, Miami, Florida, 21 Januari 2015. Foto: Facebook.com/pages/Elvira Devinamira

Dalam kontes kecantikan tersebut, Elvira meraih gelar kostum nasional terbaik dengan mengenakan kostum bertema The Chronicle of Borobudur yang dirancang oleh Dynand Fariz, pendiri Jember Fashion Festival.

“Berat baju ini 20 kilogram. Saya sudah dua kali memakainya untuk persiapan dikenakan nanti,” ujar Elvira pada 17 Desember 2014, sebelum hadir di ajang Miss Universe, seperti yang dikutip dari Tempo Senin (26/1/2015).

Bahan kostum nasional tersebut terbuat dari kain tafeta (kain sutra tipis, halus, ringan, permukaannya berkilap) dan dipadukan dengan motif songket. Tampak perwujudan ornamen pada Candi Borobudur berupa motif menyerupai stupa yang diberi detail manik-manik dan kristal mendominasi kostum tersebut. Warna abu-abu pada bahan kostum disesuaikan dengan warna batu-batu alam yang menyusun Candi Borobudur. Dan warna emas digunakan untuk motif stupa dan motif ulir pada bagian sayap lengan dari kostum.

Pada bagian punggung dari kostum tersebut terdapat rangkaian melingkar stupa pipih dengan berat sekitar lima kilogram. Pengerjaan kostum ini dilakukan sang desainer sejak September 2014 dengan melalukan riset selama sebulan.

Diakuinya kostum The Chronicle of Borobudur sebagai kostum nasional terbaik diajang Miss Universe, sedikit banyak akan meningkatkan citra Indonesia di mata dunia dan sedikit banyak pula mempromosikan keberadaan Candi Borobudur yang merupakan karya umat Buddhis Indonesia di masa lampau.[Bhagavant, 21/2/15, Sum]

Kata kunci:
Penulis: