Indonesia » Seremonial

Upaya Cegah Rusuh Perayaan Vesak 2558 EB di Borobudur

Rabu, 14 Mei 2014

Bhagavant.com,
Magelang, Jawa Tengah – Kegaduhan yang terjadi karena ulah wisatawan khususnya para fotografer amatir yang menghadiri perayaan Vesak atau Waisak di Borobudur tahun 2013 lalu, kini berusaha diantisipasi oleh panitia dan pengelola Candi Borobudur.

Candi Borobudur
Candi Borobudur: Foto: wikipedia.org.

Meskipun Candi Borobudur tidak ditutup untuk umum saat perayaan Vesak 2558 EB / 2014, namun pihak panitian dan pengelola candi akan memberlakukan perlakuan khusus untuk para pengunjung yang ingin mengikuti jalannya perayaan yang rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono.

Pihak panitia berusaha melakukan pembatasan dengan pemberian tanda pengenal khusus kepada tamu undangan sehingga bisa menyaksikan prosesi ini hingga pelataran.

“Pembatasan wisatawan yang dimaksudkan adalah ini. Di mana tidak semua wisatawan atau masyarakat dapat menyaksikan upacara dari dekat, namun boleh masuk dalam area candi seperti berada di taman,” kata Wakil Kepala Unit Candi Borobudur Aryono Hendro seperti yang dilansir Okezone, Selasa (13/5/2014).

Selain itu, pihak pengelola Candi Borobudur memberlakukan sistem masuk yang berbeda bagi para wisatawan yang ingin melihat prosesi perayaan Vesak.

“Kami membuat dua pintu masuk. Dimana, pintu pertama ada pada pintu masuk tujuh. Pintu ini merupakan pintu masuk tamu VIP untuk para tamu undangan serta para umat Buddha,” jelas Aryono Hendro, Wakil Kepala Unit Candi Borobudur. Umat Buddha lebih diperioritaskan untuk bisa berada di dalam Borobudur, taambahnya.

Rencananya, umat Buddha akan melakukan perjalanan selama kurang lebih dua setengah jam dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur. Kemudian, mereka akan masuk pada sekitar pukul 16.00 WIB, selanjutnya disusul oleh rombongan Kepresidenan yang akan masuk melalui pintu yang sama.

“Untuk wisatawan yang ingin melihat upacara keagamaan tetap bisa menyaksikan, tapi mereka baru bisa masuk setelah pukul 18.00 WIB,” tambah Aryono.

Kali ini para wisatawan tidak bisa melihat prosesi secara dekat karena pihak Candi Borobudur tidak menginginkan prosesi perayaan Vesak terganggu.

“Kami ingin prosesi perayaan Veisak berjalan dengan baik, terlebih bagi mereka yang merayakan keagamaannya agar dihormati. Makanya, kami memberikan batasan buat para wisatawan atau pengunjung yang ingin melihat prosesi secara langsung,” tutupnya.

Berdasarkan jadwal kegiatan perayaan Vesak 2558 EB / 2014 di Candi Borobudur akan berlangsung Rabu siang (14/5/2014) mulai pukul 14.00 WIB hingga Kamis (15/5/2014) sekitar pukul 3.00 WIB yang diakhiri dengan pelepasan lampion.[Bhagavant, Okezone, 14/5/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: