Kamboja » Seremonial

Gunung Oudong Pusat Vesak 2559 Buddhis Kamboja

Selasa, 5 Mei 2015

Bhagavant.com,
Kandal, Kamboja – Sekitar lebih dari 1.000 orang umat Budddhis Kamboja memadati daerah di sekitar Gunung Phnom Oudong (Phnom Preah Rajeatro) di Provinsi Kampong Speu, Kamboja untuk melakukan puja bakti peringatan Hari Vesak 2559 / 2015 pada Sabtu (2/5/2015).

Bour Kry (kanan, jubah coklat), menerima dana makanan dari Ketua Parlemen Kamboja, Heng Samrin, dalam perayaan Hari Vesak 2559 EB di Gunung Phnom Oudong, Sabtu (2/5/2015)
Agga Sangharaja Y.M. Tep Vong (tengah, depan) dan Sangharaja Dhammayuttika Nikaya Y.M. Bour Kry (kanan, jubah cokelat), menerima dana makanan dari Ketua Parlemen Kamboja, Heng Samrin, dalam perayaan Hari Vesak 2559 EB di Gunung Phnom Oudong, Sabtu (2/5/2015). Foto: IANS – Xinhua

Dalam kesempatan Vesak yang disebut Visak Bochea dalam bahasa setempat, bersama dengan lebih dari seribu umat Buddhis, Ketua Parlemen Kamboja, Heng Samrin juga ikut dalam puja bakti di daerah yang pernah menjadi ibu kota kerajaan kuno Kamboja tersebut.

Sekitar 300 orang bhikkhu termasuk dua Sangharaja Kamboja, Yang Mulia Tep Vong (Samdech Preah Agga Mahā Sangharājādhipati Tep Vong) yang merupakan Agga Sangharaja (Sangharaja Tertinggi) Kamboja dan Yang Mulia Bour Kry (Samdech Preah Abhisirī Sugandhā Mahā Sangharājādhipati Bour Kry) Sangharaja dari tradisi Dhammayuttika Nikaya, memberikan ceramah Dhamma sebelum menerima dana makanan dari para umat.

“Hari Vesak Puja diadakan untuk mengingat kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Sri Buddha,” kata Y.M. Sangharaja Bou Kry, seperti yang dikutip IANS dari kantor berita Xinhua, Sabtu (2/5/2015).

Y.M. Sangharaja Bou Kry juga menambahkan bahwa acara Vesak Puja juga dilakukan untuk melestarian dan memajukan Agama Buddha dan juga untuk pedamaian dan kesejahteraan.

Parade Vesak 2559 / 2015 di Phnom Penh, Kamboja, diikuti oleh para bhikkhu dan pelajar.
Parade Vesak 2559 / 2015 di Phnom Penh, Kamboja, diikuti oleh para bhikkhu dan pelajar. Foto: sabay.com

Sementara itu seperti yang dilansir Sabay News, Sabtu 92/5/2015), di Ibu Kota Kamboja, Phnom Penh, para umat Buddhis termasuk para pelajar, para bhikkhu dan dasa sila mata (siladara/mae ji) melakukan parade Vesak.[Bhagavant, 5/5/15, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: