Malaysia

Perayaan Peringatan Vesak 2558 EB / 2014 di Malaysia

Rabu, 14 Mei 2014

Bhagavant.com,
Sarawak, Malaysia – Ratusan umat Buddhis berkumpul di Miri Buddhist Society untuk melaksanakan upacara pemandian rupaka bayi Bodhisattva Siddhartha dan melakukan puja bakti di pagi hari di Hari Vesak.

Prosesi pemandian rupaka bayi Bodhisattva Siddhartha di Miri Buddhist Society. Rabu (14/5/2014).
Prosesi pemandian rupaka bayi Bodhisattva Siddhartha di Miri Buddhist Society. Rabu (14/5/2014). Foto: theborneopost.com

Bhiksu Si Hui Zhong memimpin para umat yang hadir termasuk Asisten Menteri Komunikasi Lee Kim Shin, Wali kota Lawrence Lai, Temenggung Lee Sie Tong dan Kepala Daerah Yong Vui Seng dalam sesi puja bakti dan nyanyian ‘Sam Bo’ untuk menghormati Buddha Gautama .

Para umat yang terdiri dari kaum muda dan tua merangkapkan telapak tangan mereka bersama-sama bernyanyi dan melakukan puja bakti dalam suasana yang damai, meskipun penuh sesak. .

“Buddhisme mengajarkan moralitas dan menghormati satu sama lain yang tidak hanya ditampilkan selama puja bakti, tetapi satu sama lain setiap hari. Ada terlalu banyak kenegatifan di dunia, dengan demikian kita harus belajar untuk bersikap baik kepada orang-orang, kapan saja, di mana saja,” kata Lee dalam sambutannya, seperti yang dilansir The Borneo Post, Rabu (14/5/2014).

Lee memuji Miri Buddha Society atas upaya mereka dalam mengasuh anak-anak muda dalam merangkul nilai-nilai moral yang baik agar membuat mereka menjadi orang yang lebih baik .

Sementara itu, empat umat muda masing-masing menerima sertifikat kinerja mereka sangat baik dalam ujian Buddha Dharma baru-baru ini, sebuah tes bagi para umat terhadap pengetahuan dan pemahaman mereka tentang ajaran Buddha.

Sehari sebelumnya, umat Buddhis di Kuala Lumpur memperingati Vesak 2014 di Maha Vihara di Brickfields yang telah bertahun-tahun menjadi pusat perayaan. Cuacana panas tidak menyurutkan ribuan umat untuk mengikuti beragam kegiatan keagamaan.

Sampai sore hari , kawasan tersebut padat bersamaan dengan ditutupnya beberapa jalan utama untuk prosesi perayaan Hari Vesak.

Paduan suara Maha Vihara di Brickfields, Kuala Lumpur, melantunkan gatha Vesak. Selasa (13/5/2014).
Paduan suara Maha Vihara di Brickfields, Kuala Lumpur, melantunkan gatha Vesak. Selasa (13/5/2014). Foto: Facebook Buddhist Maha Vihara Malaysia

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan juga dihadiri oleh ratusan wisatawan asing yang bersemangat untuk bisa melihat kendaraan hias yang dibuat oleh komunitas Buddhis di Lembah Klang, dan mendapatkan berkah dari para bhikkhu di vihara tersebut.

Alice Kenny, 41, seorang turis asal Amerika menggambarkan perayaan tersebut sebagai sesuatu bagi masyarakat Malaysia yang multi-ras.

Drew Golden, seorang turis dari Kanada, mengatakan ia memilih untuk melakukan perjalanan ke Malaysia bulan ini untuk memungkinkan dirinya mengalami perayaan Hari Vesak.

“Tahun lalu, saya berada di Korea untuk merayakan tapi perayaannya tidak terlalu ramai,” katanya seperti yang dilansir Bernama, Selasa (13/5/2014). Ia menambahkan bahwa apa yang mengejutkannya adalah bagaiamna perayaan di sini dilakaukan dengan cara yang harmonis.

Siswi pelajar internasional asal Tiongkok, Chang Wen Her, 23, mengatakan bahwa selain upacara keagamaan, ia juga berpartisipasi dalam prosesi yang dilaksanakan oleh vihara tersebut.[Bhagavant, 14/5/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: