Amerika » Amerika Serikat » Amerika Utara » Tokoh

Dalai Lama Terima Medali Emas

Kamis, 18 Oktober 2007

Dalai Lama XIVBhagavant.com,
Washington D.C, Amerika Serikat – Setelah sehari sebelumnya bertemu dengan Presiden AS, George W Bush, Yang Mulia Dalai Lama pada hari Rabu (17/10), menerima Medali Emas Kongres Amerika Serikat dalam upacara di Capitol Rotunda, Washington DC. Medali Emas Kongres ini merupakan penghargaan tertinggi dari lembaga Legislatif Kongres untuk warga sipil. Penghargaan itu diterima langsung oleh Y.M. Dalai Lama dari Presiden Bush.

Seremoni itu disaksikan Ketua Parlemen AS asal Partai Demokrat Nancy Pelosi dan Senator AS Robert Byrd. Sementara ribuan pendukung Y.M. Dalai Lama memadati halaman gedung Capitol. Y.M. Dalai Lama menjadi orang ke-146 yang menerima Medali Emas Kongres AS.

“Jika mereka duduk bersama Dalai Lama, mereka akan melihatnya sebagai pria penuh damai dan rekonsiliasi,” kata Bush yang diarahkan kepada pemerintah China yang merasa `gerah` terhadap pemberian penghargaan tersebut.

Sedangkan dalam kata sambutannya kepada ratusan hadirin yang berkumpul disana, Y.M. Dalai Lama mengucapkan terima kasih atas dukungan yang tidak ragu-ragu dari Amerika untuk rakyat Tibet. Ia mengatakan penghormatan kongres ini mengandung pesan bermakna untuk mereka yang memperjuangkan perdamaian, pengertian bersama dan harmoni.

Y.M. Dalai Lama juga menekankan bahwa dirinya bukanlah menginginkan kemerdekaan Tibet dari China. Peraih Nobel Perdamaian 1989 ini menyatakan bahwa dirinya hanya mencari otonomi bagi rakyat Tibet.

Kata kunci: , , , ,
Penulis:

REKOMENDASIKAN: