Thailand » Tokoh

Somdet Kiaw, Pengganti Sangharaja Thailand Mangkat

Selasa, 13 Agustus 2013

Bhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Somdet Phra Buddhacarya (Somdej Pra Phutthachan) atau dikenal dengan Somdet Kiaw (Somdej Kiew), Pengganti Sementara Sangharaja Thailand, mangkat di usia 85 tahun di Rumah Sakit Samitivej, Bangkok pada Sabtu (10/8/2013).

Somdet Phra Buddhacarya (Somdet Kiaw)
Somdet Phra Buddhacarya (Somdet Kiaw). Foto: Paknam.com

Putri Maha Chakri Sirindhorn mewakili Raja Thailand Bhumibol Adulyadej, memimpin upacara pemandian untuk Somdet Phra Buddhacarya di Phu Khao Thong (Gunung Emas), kompleks Vihara Saket (Wat Saket Ratcha Wora Maha Wihan) pada Minggu (11/8/2013) pukul 17.00 WIB.

Sebelumnya, jasad mendiang Somdet Kiaw telah dipindahkan dari Rumah Sakit Samitivej ke Vihara Saket pada pagi harinya, diiringi upacara pemindahan yang dilakukan bersama-sama oleh para bhikkhu senior dan Wakil Perdana Menteri Phongthep Thepkanjana serta para umat. Bangkok Post melaporkan Minggu (11/8/13).

Somdet Phra Buddhacarya merupakan kepala Wilayah Timur, anggota dari Dewan Sangha Agung dan kepala Vihara Saket. Dengan menurunnya kesehatan Sangharaja Somdet Phra Nyanasamvara mulai tahun 1990-an hingga sekarang, pada 9 Januari 2004 Somdet Phra Buddhacarya yang memiliki nama penahbisan Kiaw Upaseṇo, ditunjuk menjadi ketua komite yang beperan sebagai pengganti atas nama Sangharaja.

Setelah tujuh hari puja bakti pelantunan Abhidhamma yang didukung oleh Kerajaan, jasad mendiang Somdet Kiaw akan disemayamkan di Vihara Saket selama 100 hari sehingga para umat dapat memberikan penghormatan terakhir kepada beliau.

Kemudian upacara kremasi akan diadakan dan disusul dengan upacara pattidana (pelimpahan jasa) untuk beliau yang akan diadakan selama 100 hari yang di dalamnya terdapat praktik persembahan dana makanan kepada Sangha.

Kepala Badan Buddhisme Nasional, Nopparat Benjawatananun mengatakan bahwa Dewan Sangha Agung akan diminta untuk memutuskan bagaimana menunjuk ketua baru bagi komite yang bekerja atas nama Sangharaja dalam pertemuan yang akan diadakan pada 20 Agustus 2013.

”Tujuh anggota yang tersisa dapat segera memilih ketua baru atau menunggu pengangkatan kepala Wilayah Timur (oleh Dewan Sangha Agung),” katanya. Kepala Vihara Saket selanjutnya adalah wakil kepala vihara yang paling senior, kata Nopparat menambahkan.

Somdet Phra Buddhacarya diakui atas usahanya dalam menyebarkan ajaran Sang Buddha di seluruh dunia. Beliau bekerja bersama dengan masyarakat Thailand untuk membangun vihara-vihara dan mengirim para bhikkhu untuk menyebarkan Agama Buddha di beberapa negara termasuk di Amerika Serikat, Belanda, Swedia, Denmark, Norwegia, Finlandia, Belgia, Jerman, dan Luksemburg.

Somdet Phra Buddhacarya atau Somdet Kiew lahir pada 3 Maret 1928 di distrik Koh Samui, provinsi Surat Thani, Thailand. Beliau ditahbiskan menjadi bhikkhu di Vihara Saket pada tahun 1949.[Bhagavant, BP, 13/8/13, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: