Selandia Baru » Seremonial

Perayaan Vesak 2557 oleh Buddhis di New Plymouth

Senin, 27 Mei 2013

selamat-vesakBhagavant.com,
Taranaki, Selandia Baru – Warga Buddhis Sri Lanka di New Plymouth, Taranaki, Selandia Baru menyambut Vesak 2557 dengan merayakan festival Vesak seminggu yang lalu pada Sabtu (18/5).

Penyelenggara, Ramitha Fernando, seperti yang dikutip oleh Taranaki Daily News, Senin (20/5) menyatakan bahwa perayaan tersebut mirip seperti festival Divali yang dirayakan oleh umat Hindu dan Ramadan oleh umat Muslim.

“Sangat penting untuk merayakannya dalam skala yang besar karena setelah Anda meninggalkan tanah air Anda, Anda akan terisolasi.”

”Tidak ada vihara di New Plymouth.”

“Sangat mudah bagi anak-anak muda untuk melupakan budaya mereka, agama mereka, dan bahasa ibu mereka,” jelasnya.

Lebih dari 125 orang menghadiri perayaan yang telah berlangsung untuk kelima kalinya di provinsi tersebut, dan juga dihadiri oleh tiga orang bhikkhu yang melakukan perjalanan dari Auckland untuk ikut serta dalam upacara tersebut.

Kegiatan tersebut dimulai dengan sebuah upacara persembahan bunga, dupa, minuman, melalui para bhikkhu yang kemudian meletakkannya pada rupaka Buddha.

’Itulah cara kami mempersembahkan sesuatu kepada Buddha,” kata Bapak Fernando.

Kemudian diikuti dengan dhammadesana (ceramah dhamma) oleh bhikkhu dan pemberian berkah oleh para bhikkhu kepada para umat.

Selain itu kegiatan tersebut jug amenyajikan pelantunan lagu Buddhis oleh anak-anak dan orang tua mereka.

Bapak Fernando mengatakan bahwa terdapat beragam budaya yang hadir untuk merasakan tradisi Buddhis tersebut dan semua peserta telah menikmati saat-saat yang menyenangkan.

”Beberapa orang dari komunitas kami bekerja sebagai teknisi dan mereka membawa serta beberapa rekan kerja mereka dengan demikian mereka bisa datang dan menghargai budaya dan makanan kami,” katanya.

Bapak Fernando juga menjelaskan bahwa mereka akan melanjutkan kegiatan seperti ini pada tahun-tahun berikutnya.[Bhagavant, 27/5/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: