Asia Oseania » Seremonial

Tzu Chi Internasional Peringati Vesak, Hari Tzu Chi, Hari Ibu 2014

Senin, 12 Mei 2014

Bhagavant.com,
Taipei, Taiwan – Umat Buddhis Taiwan yang tergabung dalam Yayasan Tzu Chi Internasional memperingati Hari Vesak (Waisak), Hari Tzu Chi dan Hari Ibu Internasional secara bersamaan di berbagai daerah di Taiwan, pada Minggu (11/5/2014).

Peringatan Vesak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Ke-48 di Aula Jing Si Hualien, Taiwan. Minggu (11/5/2014).
Peringatan Vesak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Ke-48 di Aula Jing Si Hualien, Taiwan. Minggu (11/5/2014). Foto: tzuchi.org.tw

Upacara utama Vesak, Hari Tzu Chi dan Hari Ibu Internasional dilaksanakan oleh para umat dan relawan Tzu Chi dengan khusyuk pada pukul 19.00 waktu Taiwan, dipimpin oleh Y. M. Bhiksuni Cheng Yen (Master Dharma Cheng Yen) dan para master Dharma dari Vihara Jing Si, di Aula Jing Si Hualien, Taiwan.

Bagi Tzu chi, Vesak adalah hari yang memegang banyak makna penting, karena melambangkan penghormatan, rasa terima kasih dan kasih sayang. Hari Vesak juga mengingatkan kita untuk bersyukur atas kasih karunia Buddha, orang tua kita dan seluruh umat manusia.

Formasi "Tiga Ribu Dunia" di acara peringatan Vesak 2014 , Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi di Aula Jing Si Hualien, Taiwan.
Formasi “Tiga Ribu Dunia” di acara peringatan Vesak 2014 , Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi di Aula Jing Si Hualien, Taiwan. Foto: tzuchi.org.tw

Para umat dan relawan merayakan ketiga hari penting tersebut dengan mengalunkan sutra, dan menyalakan dupa. Para master Dharma dari Vihara Jing Si memimpin umat, anggota staf dan para relawan membentuk formasi barisan kesatuan untuk memberikan penghormatan kepada Tri Ratna.

Tema perayaan tahun ini adalah “Tiga Ribu Dunia” diambil berdasarkan kosmologi Buddhis dan upacara pada meja di desain dalam bentuk lingkaran konsentris yang dibentuk oleh para master Dharma, praktisi, dan para relawan lainnya dari seluruh dunia.

Pada peringatan tersebut para umat bergabung bersama-sama dalam puja bakti untuk masyarakat yang harmonis dan untuk membersihkan batin mereka.

Peringatan Vesak 2014, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi di Balai Peringatan Chiang Kai-shek (Chiang Kai-shek Memorial Hall), Taipei, Taiwan.
Peringatan Vesak 2014, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi di Balai Peringatan Chiang Kai-shek (Chiang Kai-shek Memorial Hall), Taipei, Taiwan. Foto: tw.tzuchi.org

Formasi “bodhisattva” yang ditampilkan pada kedua sisi lingkaran dalam peringatan tersebut melambangkan bodhisattva yang hidup di bumi yang peduli pada semua makhluk.

Lebih dari 3.000 orang termasuk para petugas polisi, petugas pemadam kebakaran Kota Hualien berpartisipasi dalam peringatan tersebut.

Sebelumnya, Perayaan Vesak, Hari Tzu Chi Ke-48 dan Hari Ibu Internasional juga dirayakan di pelataran Aula Konser Nasional dan Teater Nasional di Balai Peringatan Chiang Kai-shek (Chiang Kai-shek Memorial Hall), Taipei, Taiwan, mulai pukul 16.00 waktu Taiwan.

Kegiatan tersebut dihadiri Presiden Taiwan Ma Ying-jeou, Wakil Presiden Wu Den-Yih, dan para pejabat lainnya.

Sementara itu, Tzu Chi Indonesia memusatkan perayaan Vesak, Hari Tzu Chi Ke-48 dan Hari Ibu Internasional di lapangan Teratai gedung Tzu Chi Center Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, yang dihadiri oleh 4500 orang.

Formasi daun bodhi dan tulisan
Formasi daun bodhi dan tulisan “Tzu Chi” dalam peringatan Vesak 2014, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Ke-48 di Tzu Chi Centre, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Foto: tzuchi.or.id

Dengan mengambil tema: ”Doa Jutaan Insan” kegiatan tersebut diisi dengan pemandian rupaka Maha Bodhi Semesta (The Great Awakened One of Universe), dan melakukan formasi daun bodhi dan huruf “Tzu Chi”.

Selain dihadiri oleh para insan Tzu Chi, para bhiksu-bhikkhu dan bhiksuni, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh pemuka agama lain. Masyarakat umum turut mengikuti proses pemandian rupaka Maha Bodhi Semesta di lantai 4 Aula Jing Si.[Bhagavant, 12/5/14, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: