India » Seremonial

Pelantunan Tipitaka Internasional Ke-10 di Bodh Gaya

Minggu, 23 November 2014

Bhagavant.com,
Bodh Gaya, India – Ribuan umat Buddha akan berkumpul di Vihara Mahabodhi di Bodh Gaya, India, selama sepuluh hari dalam rangka berpartisipasi dalam kegiatan akbar Upacara Pelantunan Tipitaka Internasional Ke-10 (The Tenth International Tipitaka Chanting Ceremony), pada 2-12 Desember 2014.

Program acara Upacara Pelantunan Tipitaka Internasional Ke-10, Bodh Gaya, india, 2-12 Desember 2014.
Program acara Upacara Pelantunan Tipitaka Internasional Ke-10, Bodh Gaya, india, 2-12 Desember 2014.

Diperkirakan setidaknya mendekati 3.500 bhikkhu dan umat awam akan menghadiri upacara pelantunan kanon (kitab) Tipitaka di bawah pohon Bodhi, yang akan dihadiri oleh para bhikkhu senior dari Thailand, Laos, Vietnam, Nepal, Birma (Myanmar), India, Kamboja, Bangladesh dan Sri Lanka, serta Sangharaja dari 4 negara (Kamboja, Birma, Bangladesh, India) dan empat Tipitakadhara – bhikkhu yang menguasai seluruh isi Tipitaka.

Tahun 2014 ini, kegiatan tahunan yang diselengarakan oleh International Tipitaka Chanting Council (ITCC) – Dewan Pelantunan Tipitaka Internasional, akan dipimpin oleh Sangha dari Kamboja. Dan tahun ini menjadi istimewa dengan akan bergabungnya Sangha dari Indonesia, sehingga menjadikan negara peserta yang berpartisipasi berjumlah 10 negara.

Pada kesempatan kali ini para bhikkhu dan umat Buddha akan melantunkan teks-teks yang tertulis dalam kitab Anguttara Nikaya bagian 8 hingga 10. Light of Buddhadharma Foundation International (LBFI) sebagai sponsor akan membagikan secara gratis salinan buku Anguttara Nikaya tersebut dalam aksara Romawi, Thailand, Vietnam, Devanagari, Sri Lanka, Birma, dan Kamboja.

Ceramah Dhamma diberikan setiap malam di bawah pohon Bodhi seusai kegiatan pelantunan, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan India, serta disiarkan secara langsung di internet. Sepanjang malam akan diadakan kegiatan meditasi di kompleks vihara yang dapat diikuti oleh para peserta.

LBFI juga akan menjadi sponsor bagi perjalanan Dhamma (Dhammayatra) internasional bagi para bhikkhu senior yang akan mengunjungi Lembah Jethian (Jethian Valley) dan Hutan Bambu, setelah Upacara Pelantunan Tipitaka Internasional Ke-10, yaitu pada 13 Desember 2014.

Perjalanan Dhamma tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan dan direncanakan menghubungkan antara Bodh Gaya dengan ibu kota kuno Magadha di Rajgir. Jalur setapak kuno tersebut melingkari sisi garis perbukitan yang menghubungkan dua situs tersebut. Sekitar 1000 bhikkhu serta pengikut mereka akan berjalan kaki sepanjang sekitar 13-14 km, dari Jethian, lembah di mana Sri Buddha bertemu dengan Raja Bimbisara, menuju ke ibu kota kunonya.

Upacara Pelantunan Tipitaka Internasional telah dimulai pada tahun 2006 saat peringatan 2550 Buddha Jayanti dan dilakukan di bawah pohon Bodhi, tempat Petapa Gotama mencapai Pencerahan menjadi Buddha. Tujuan dari kegiatan ini adalah menghidupkan kembali kegiatan pengulangan ajaran Buddha yang dilakukan setiap hari di Vihara Mahabodhi yang sempat mati suri sejak abad ke-14.

Silahkan mengakses: tipitakachantingcouncil.org untuk informasi mengenai The Tenth International Tipitaka Chanting Ceremony.[Bhagavant, 23/11/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: