Kamboja » Seremonial

Hari Ini Kamboja Rayakan Vesak 2557

Jumat, 24 Mei 2013

Buddhisme di KambojaBhagavant.com,
Oudong, Kamboja – Hari ini sebagian besar umat Buddha di Asia Tenggara merayakan Hari Tisuci Vesak, termasuk umat Buddha di Kamboja.

Ribuan bhikkhu dan umat Buddha berjalan di hari Jumat pagi (24/5) di sekitar lereng Gunung Phnom Oudong (Phnom Preah Rajeatro) di mana relik suci Sang Buddha disimpan, untuk merayakan Hari Vesak 2557 EB.

Vesak kali ini dihadiri oleh 2 Sangharaja Kamboja yaitu Sangharaja Agung Y. M. Tep Vong, ketua dari tradisi Maha Nikaya dan Sangharaja Y. M. Bou Kry, ketua dari tradisi Dhammayuttika Nikaya. Hadir pula Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Jenderal Tea Banh.

Dalam sebuat pernyataan medianya yang dilansir kantor berita Xinhua, Jumat (24/5), Komite Nasional Penyelenggaraan Festival Nasional dan Internasional menyatakan bahwa Visak Bochea (Vesak Puja) memperingati kelahiran Pangeran Gotama, Pencerahan Petapa Gotama dan Parinibbana Sang Buddha.

Vesak adalah hari libur nasional di negara yang terkenal dengan Angkor Wat dan bersekitar 90 persen dari 14,5 juta orang wargannya adalah Buddhis.

Pada momen tersebut, umat awam melakukan puja bakti kepada Sang Buddha dengan menyalakan lilin, dupa dan bunga yang diletakan di depan rupaka dan relik Sang Buddha. Selain itu, para umat juga mendanakan makanan dan uang kepada para bhikkhu sebagai bentuk pelimpahan jasa kepada para sanak keluarga mereka yang telah meninggal.

Komite penyelenggara juga menyatakan bahwa perayaan Vesak tersebut juga merupakan bentuk dari cara mempertahankan tradisi dan identitas nasional serta untuk meningkatkan peran utama Buddhisme di Kamboja.

Top Pich, seorang ibu berusia 72 tahun yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa ia menghadiri kegiatan penting tersebut setiap tahunnya.

”Sebagai seorang Buddhis, hari ini adalah hari yang sangat penting bagi saya untuk memperingati Sang Buddha,” katanya. ”Semua anggota keluarga saya adalah Buddhis dan kami telah mengikuti praktik ini dari generasi ke generasi.”[Bhagavant, 24/5/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: