Indonesia » Seremonial

KASI Umumkan Perihal Perayaan Vesak 2557 di Borobudur

Rabu, 8 Mei 2013

Konferensi Agung Sangha IndonesiaBhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Siapakah yang menyelenggarakan perayaan Waisak di Candi Borobudur pada tahun ini? Pertanyaan ini sering diajukan oleh beberapa umat Buddha saat menjelang peringatan hari raya Waisak (Vesak).

Pertanyaan ini terjawab dengan diterbitkannya pemberitahuan oleh Konferensi Agung Sangha Indonesia (KASI) mengenai seremoni perayaan Vesak 2557 EB / 2013 yang telah dipublikasikan sejak Senin 25 Maret 2013.

Konferensi Agung Sangha Indonesia (KASI) yang terdiri dari Sangha Theravada Indonesia, Sangha Mahayana Indonesia, dan Sangha Agung Indonesia, memberitahukan kepada segenap umat Buddha di Indonesia, bahwa pada perayaan Vesak tahun ini, KASI tidak menyelenggarakan Peringatan Vesak di Candi Borobudur.

Himbauan Konfernsi Agung Sangha Indonesia Perihal Vesak 2557 EB
Himbauan Konfernsi Agung Sangha Indonesia Perihal Vesak 2557 EB

Pengumuman yang bersifat himbauan dan ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal KASI, Y. M. Bhikkhu Dhammakaro Thera tersebut menyebutkan bahwa alih-alih mengadakan perayaan di Candi Borobudur, KASI telah mempersiapkan Perayaan Vesak Nasional yang akan dilaksanakan di Hotel Pullman (Central Park), Podomoro City, Jakarta, pada Minggu 16 Juni 2013 yang rencananya akan dihadiri oleh Pejabat Negara, President World Buddhist Sangha Council (Presiden Dewan Sangha Sedunia), Duta Besar Negara Sahabat, Para Tokoh Agama, Bhiksu, Bhiksuni dan Umat Buddha.

KASI juga menghimbau kepada vihara-vihara dan cetiya-cetiya untuk mengadakan puja bakti pada Hari Trisuci Vesak yang jatuh pada hari Sabtu 25 Mei 2013, dengan Detik-Detik Vesak pada pukul 11.24.39 WIB. Umat Buddha dihimbau untuk datang ke vihara, membaca paritta dan sutra, bermeditasi dan mendengarkan pembabaran Dhamma. Dengan dmeikian, umat Buddha akan mendapatkan Berkah Vesak yang tak ternilai, yaitu pemahaman dan praktik ajaran Buddha untuk menuju Kebahagiaan Sejati.

Pada peringatan Vesak 2557 / 2013 ini KASI yang mengangkat tema Vesak dengan tajuk: ”Kejujuran Pembangkit Kesejahteraan Bangsa” mengajak umat Buddha meningkatkan kejujuran untuk meningkatkan kualitas batin nan luhur dalam kehidupan, jujur kepada diri sendiri, keluarga, dan lingkungan untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera bagi bangsa Indonesia.

Di akhir pemberitahuan tersebut, KASI juga mengucapkan selamat menyambut dan memperingati Trisuci Vesak 2557 EB / 2013 kepada umat Buddha.

Untuk tahun ini, perayaan Vesak di Candi Borobudur akan kembali diselenggarakan oleh Walubi.[Bhagavant, 8/5/13, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: