Seremonial

Festival Belas Kasih Lintas Agama di Jakarta

Jumat, 10 Mei 2013

Solidaritas KemanusiaanBhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Sebuah festival lintas agama bertajuk ”Compassion Festival” – The Holy Water of Compassion (Festival Belas Kasih – Air Suci Belas Kasih) diadakan di Jakarta selama bulan Mei 2013.
Festival tentang kebaikan dan kasih sayang yang diselenggarakan di Lantai LG, Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading, Jakarta ini telah dimulai sejak pembukaannya pada Rabu 1 Mei 2013 pukul 15.00 – 18.30 WIB.

Diprakarsai oleh Gede Prama, seorang motivator yang dikenal juga sebagai penutur kejernihan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Spiritual Compassion Group, kelompok multikultural ini bertujuan ingin mewujud-nyatakan kasih dalam bentuk tindakan (compassion in action), dengan misi sederhana, untuk mengajak, menyentuh, serta menyebarkan kasih kepada semakin banyak orang.

Compassion Festival 1 Mei -2 Juni 2013, Jakarta
Compassion Festival pada 1 Mei -2 Juni 2013, Jakarta

Seperti yang disampaikan dalam situsnya, gagasan Compassion Festival ini berawal dari keyakinan bahwa setiap manusia memiliki dasar kebaikan dan kasih sayang yang tertanam dalam dirinya.

Dalam kegiatan tersebut menampilkan berbagai rangkaian acara di antara lain pesan-pesan Compassion oleh Gede Prama dan 30 lebih pembicara nasional dari lintas agama, galeri, seminar, demo masak, bedah buku spiritual dan meditasi serta vegetarian, pengenalan/pelatihan singkat meditasi & meditasi serta yoga bersama para meditator senior, perlombaan, pameran seni dan buku, pameran relik suci Buddha, mendongeng, berbagai perlombaan, dan donor darah.

Pada pembukaan festival tersebut, dengan dipandu oleh artis Shahnaz Haque, Gede Prama merilis buku terbarunya yang berjudul “Compassion” (Belas Kasih) dan memberikan pesan mengenai diperlukannya empati di dalam masyarakat yang terjangkit ”penyakit”.

Beberapa pembicara dan profesional nasional yang mengisi kegiatan tersebut antara lain: Dyah Pratitasari (penulis buku Makan Sayur Seasyik Bermain), Gobind Vashdev (penulis buku Happiness Inside), Ayah Edy (praktisi Multiple Intelligence & Holistic Learning), Didi Agephe (musisi dan komposer), Andrie Wongso (motivator nasional), Awam Prakoso (pencetus Kampung Dongeng) Melly Kiong (penulis buku parenting, pendiri Rumah Moral), Ponijan Liaw (pakar komunikasi), dll.

Compassion Festival yang akan berakhir dan ditutup pada 2 Juni 2013 ini mengambil beberapa tokoh lintas agama internasional seperti Bunda Teresa, Dalai Lama XIV, Mahatma Gadhi, dan Nelson Mandela sebagai contoh keteladanan dalam belas kasih.

Informasi selengkapnya mengenai festival belas kasih ini dapat mengakses situs Compassion Festival.[Bhagavant, 10/5/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: