Eropa

Vihara Berarsitektur Tionghoa Terbesar di Eropa Dibuka di Roma

Senin, 15 April 2013

Buddhisme di EropaBhagavant.com,
Roma, Italia – Sebuah vihara dengan arsitektur bergaya tradisi Tionghoa resmi dibuka di kota Roma, Italia, pada akhir bulan Maret yang lalu.

Seperti yang dilaporkan oleh National Geographic Italia, Rabu (2/4) dan Wanted in Rome (3/4), pada hari Minggu Paskah, ibukota Italia telah bergerak melangkah menjadi sebuah kota multikultur dengan dilaksanakannya sebuah peresmian tempat ibadah umat Buddha yang berlangsung di bagian timur kota tersebut.

Vihara yang diklaim sebagai yang terbesar dalam jenisnya di Eropa tersebut resmi dibuka di Roma dihadapan walikota Gianni Alemanno, bersama dengan ribuan anggota masyarakat Tionghoa di ibukota, dan para bhiksu Tibet, pada 31 Maret lalu.

Vihara Hua Yi di kota Roma, Italia. Foto: nationalgeographic.it
Vihara Hua Yi di kota Roma, Italia. Foto: nationalgeographic.it

Terletak di antara bangunan pergudangan di Via Omo di area Tor Tre Teste, vihara yang diberi nama Vihara Hua Yi (Hua Yi Si) tersebut didesain dengan menerapkan gaya arsitektur Tionghoa.

Vihara tersebut didanai oleh komunitas Tionghoa kota tersebut yang Walikota Alemanno gambarkan sebagai komunitas yang “tumbuh secara damai dan harmonis bersama dengan seluruh Roma”.

Walikota Alemanno mengatakan bahwa vihara tersebut sebagai catatan lain toleransi beragama di kota tersebut.

Komunitas Tionghoa yang tinggal di kota tersebut dan di provinsi Roma diperkirakan berjumlah antara 5.000 hingga 7.000 orang, yang kebanyakan dari mereka datang dari daerah tertentu di provinsi Zhejiang di China bagian selatan.

Pada tahun 2005, Vihara Tionghoa pertama di Eropa dibuka di Via Ferruccio 8, dekat Piazza Vittorio di area Esquilino Esquilino di kota tersebut.[Bhagavant, 15/4/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: