Eropa

Master Zen Thich Nhat Hanh Dirawat di Rumah Sakit

Kamis, 13 November 2014

Bhagavant.com,
Bordeaux, Perancis – Master Zen asal Vietnam, Y.M. Thich Nhat Hanh, tiba-tiba mengalami pendarahan otak yang parah sehingga dikabarkan sempat mengalami koma pada Selasa (11/11/2014).

Master Zen Thich Nhat Hanh.
Master Zen Thich Nhat Hanh. Foto: plumvillage.org

Kondisi koma yang sempat dialami Master Thich Nhat Hanh, sempat menimbulkan kabar angin yang mengatakan ia telah wafat. Namun kabar angin tersebut ditepis oleh anggota sangha dari Plum Village – komunitas keviharaan yang didirikan oleh Master Thich Nhat Hanh di Perancis, dengan pernyataan resmi mereka.

Diwakili oleh Bhiksu Thich Chan Phap Dang dan Bhiksuni Thich Nu Chan Khong Nghiem, Plum Village dalam pernyataan resminya menyatakan bahwa Thay, panggilan akrab Master Thich Nhat Hanh, menerima perawatan intensif 24 jam dari dokter spesialis, perawat dan dari para siswa sanghanya, setelah mengalami pendarahan otak yang parah.

Pernyataan resmi yang dilansir pada Rabu (12/11/2014) tersebut juga menyatakan bahwa saat ini, Thay masih sangat responsif dan menunjukkan indikasi sadar terhadap kehadiran orang-orang di sekelilingnya. Ia mampu menggerakkan kaki, tangan dan matanya. Terdapat tanda-tanda bahwa pemulihan penuh masih memungkinkan.

Selama dua bulan terakhir, kesehatan Thay sudah mulai rapuh karena usianya yang sudah lanjut, yaitu 88 tahun. Ia masuk ke rumah sakit di Bordeaux pada 1 November 2014 yang lalu. Ia menunjukkan kondisi yang membaik hari demi hari pada saat itu hingga akhirnya perubahan kondisinya yang tiba-tiba dan tak terduga tersebut terjadi.

Semua vihara dalam tradisi Plum Village menyelenggarakan sesi praktik untuk mengumpulkan energi dari berkesadaran penuh, dan untuk mengirimkan Thay energi penyembuhan dan belas kasih ini.

Plum Village juga memohon kepada seluruh komunitas meditasi di dunia untuk ikut berpartisipasi dan mendukung mereka dalam menghadapi situasi yang kritis tersebut. Dan mereka tahu dan percaya bahwa Thay akan menerima energi dari semua orang serta hal tersebut dapat menjadi sebuah dukungan besar dalam penyembuhan dan pemulihan dirinya.

“Praktik kita tentang keseimbangan dan kedamaian di saat ini merupakan dukungan terbaik bagi Thay. Marilah kita di seluruh dunia memberikan bantuan melalui praktik kita, bersama-sama seperti sebuah sungai untuk memberikan Thay energi kolektif kita yang sangat kuat. Kita semua adalah bagian dari Tubuh Sangha yang telah diwujudkan oleh Thay selama hidupnya,” kata pernyataan resmi tersebut.

Mengakhiri pernyataan resminya, Plum Village memberikan alamat situs dan media sosial yang dapat digunakan untuk memantau perkembangan kesehatan dari Y.M. Thich Nhat Hanh, yaitu www.plumvillage.org, langmai.org, villagedespruniers.org, dan www.facebook.com/thichnhathanh. [Bhagavant, 13/11/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: