Bangladesh

Vihara Kuno Ditemukan di Munshiganj, Bangladesh

Kamis, 28 Maret 2013

Seni dan Budaya BuddhisBhagavant.com,
Bikrampur, Bangladesh – Para arkeolog menemukan sebuah vihara kuno pada Sabtu (23/3) di Bikrampur, wilayah Munshiganj, Bangladesh, untuk pertama kalinya saat mengerjakan penggalian di desa Raghurampur.

Seperti yang dilansir oleh bdnews24, Minggu (24/3), penemuan tersebut terjadi selama penggalian yang dilakukan bersama oleh Agrasar Bikrampur Foundation, sebuah organisasi sosial-budaya lokal bersama dengan Departemen Arkeologi Universitas Jahangirnagar (UJ). Kementerian Kebudayaan mendanai proyek tersebut. Penggalian tersebut merupakan hasil dari kerja keras tim tersebut selama empat tahun

Nuh-ul-Alam Lenin, Kepala Ekskavasi dan Penelitian Arkeologi di wilayah Bikrampur mengonfirmasikan para wartawan bahwa sebuah situs vihara berusia 1.000 tahun telah ditemukan.

Lenin yang juga anggota presidium Liga Awami Bangladesh, mengatakan bahwa vihara tersebut dipercaya dibangun sekitar 1.100 tahun yang lalu.

Ia mengatakan sejauh ini lebih dari 100 rupaka dan pahatan berharga ditemukan dari wilayah tersebut.

Peneliti proyek, Prof. Dr. Sufi Mostafizur Rahman, seorang guru di Departemen Arkeologi UJ, mengatakan bahwa situs vihara tersebut dipercaya berhubungan dengan Atiśa Dīpaṃkara Śrījñāna, seorang guru agama Buddha terkemuka yang lahir di wilayah Bikrampur.

Dikatakan bahwa sekitar 8.000 siswa dan profesor datang ke pusat pendidikan Buddhis di Bikrampur dari China, Tibet, Nepal dan Thailand semasa periode tersebut dan Atiśa Dīpaṃkara Śrījñāna adalah penasihat dari pusat Buddhis tersebut.

Orang-orang baik dari China telah membangun sebuah mausoleum di desanya, Bojrojogini, di Bikrampur.

Melalui Atiśa Dīpaṃkara Śrījñāna, ajaran Sang Buddha menyebar ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia.[Bhagavant, 28/3/13]

Kata kunci:
Penulis: