Amerika Serikat » Gerakan Buddhis » Solidaritas Buddhis

Bantuan Umat Buddha A.S untuk Pengungsi Suriah

Sabtu, 30 Maret 2013

Solidaritas Kemanusiaan BuddhisBhagavant.com,
New Jersey, Amerika Serikat – Umat Buddha Amerika memberikan sumbangan darurat kepada para pengungsi Suriah, pada awal bulan Februari lalu.

Tersentuh oleh penderitaan ratusan ribu pengungsi yang melarikan diri akibat konflik di Suriah, umat Buddha Amerika Serikat yang tergabung dalam Buddhist Global Relief (BGR) telah melakukan sumbangan darurat sebesar 10 ribu dolar A.S (sekitar 97 juta rupiah) kepada Program Pangan Dunia – World Food Programme (WFP) untuk memberi makan para keluarga yang terpaksa meninggalkan rumah mereka. Demikian menurut laporan Charles W. Elliott dari situs resmi BGR.

Menurut WFP, lebih dari 1,2 juta orang mengungsi di dalam wilayah Suriah dan sebanyak 250.000 orang telah meninggalkan negara tersebut dan menjadi pengungsi di negara-negara tetangga. Banyak di antara mereka yang meninggalkan daerah konflik bersama dengan keluarga mereka di bawah serangan dan tembakan dari pasukan pemerintah maupun pemberontak, sering kali mereka hanya mampu membawa pakaian yang dikenakan saja.

Kondisi yang berat di kamp-kamp pengungsian termasuk suhu udara yang sangat dingin dan banjir menjadikan kehidupan menjadi sangat sukar. Banyak keluarga yang hidup di tenda-tenda kekurangan alat pemanas dan pakaian musim dingin.

Makanan untuk para keluarga ini adalah kebutuhan yang sangat penting. Dibutuhkan 72 dolar A.S (sekitar 600 ribu rupiah) untuk memberikan makan selama 1 bulan bagi par keluarga pengungsi Suriah ini. Sumbangan yang diberikan oleh BGR tersebut akan memberi makan sebanyak 138 keluarga untuk selama musim dingin yang sulit ini.

World Food Programme merupakan sebuah organisasi pangan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang merupakan salah satu organisasi kemanusiaan terbesar di dunia yang menangani permasalahan kelaparan global. Organisasi ini didanai sepenuhnya oleh sumbangan sukarela.

Sedangkan Buddhist Global Relief (Bantuan Global Buddhis) merupakan sebuah organiasi Buddhis Amerika Serikat yang bergerak di bidang bantuan pangan yang memiliki misi untuk mengatasi kelaparan dan penyakit kekurangan gizi (malagizi). Organisasi ini diketuai oleh Y.M. Bhikkhu Bodhi, seorang bhikkhu terpelajar yang dikenal sebagai penulis dan penerjemah pustaka-pustaka Buddhis.[Bhagavant, 30/3/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: