Amerika » Amerika Serikat » Amerika Utara » Pelayanan Buddhis

Cetiya Baru Untuk Buddhis di Yelm

Senin, 4 Juli 2011

Buddhisme di Amerika SerikatBhagavant.com,
Yelm, Washington, AS – Dikenal dengan keberadaan bunga lotus yang bermekaran di pintu masuknya, Wat Prachum Raingsey, sebuah cetiya di Jalan Raya Yelm di pinggiran barat kota Yelm, Washington, memulai sebuah pengembangan bangunan.

Wat Prachum Raingsey yang merupakan sebuah cetiya Theravada dari sebuah organisasi non-profit, mulai berkembang sejak dibuka pada Juli 2002 dan memberikan pelayanan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 10 pagi.

Bhikkhu Kosal Suon, 49, salah seorang bhikkhu di cetiya tesebut mengatakan bahwa bangunan yang digunakan untuk menghormati Sang Buddha tersebut terlalu kecil bagi orang-orang yang bergabung dalam pelayanan publik mereka.

Bhikkhu Suon mengatakan bawa cetiya tersebut diperkirakan menghabiskan dana lebih dari 120.000 dolar. Mereka berharap untuk membangun sebuah cetiya yang lebih besar lagi di belakang bangunan yang sekarang, demikian katanya sepeerti yang dilansir oleh Nisqually Valley News (24/6).

“Saat saya datang ke cetiya ini, saya harus membangun sesuatu yang baru,” kata Bhikkhu Suon.

Sovanna Chhin, salah seorang samanera di Yelm mengisahkan bagaimana seorang wanita membawa relik Sang Buddha berupa pecahan tulang seukuran butiran beras yang ingin ia serahkan ke ke cetiya di Yelm tersebut setelah wanita itu mengunjungi seorang mantan profesor yang merupakan seorang bhikkhu di Sri Lanka.

Setelah pembangunan cetiya baru selesai, relik Sang Buddha tersebut akan dipindahkan di sana. Namun rencana pemindahan relik tersebut ke cetiya yang lebih besar setelah pembangunannya selesai tidak akan dilakukan dalam waktu dekat, demikian kata Bhikkhu Suon.[Bhagavant, 4/7/11, Sum]

Kata kunci:
Penulis: