Asia Oseania » Asia Selatan » Seremonial » Sri Lanka

Sri Lanka Rayakan Festival Poson 2011

Minggu, 19 Juni 2011

Buddhisme di Sri LankaColomboPage,
Anuradhapura, Sri Lanka
– Lebih dari setengah juta umat berkumpul di kota yang disucikan, Anuradhapura, di Utara Propinsi Tengah Sri Lanka untuk menghadiri festival Poson (Juni) yang menandakan diperkenalkannya Buddhisme di negara pulau tersebut oleh Arahat Mahinda dari India di masa pemerintahan Kaisar Asoka, pada 2318 tahun yang lalu.

Peringatan tersebut pada tahun ini merupakan hal yang sangat spesial bagi Buddhis di Sri Lanka karena jatuh pada peringatan Buddha Jayanthi ke-2600.

Lalu lintas yang padat juga dilaporkan di jalan-jalan kota Anuradhapura dan jalan menuju Mihintale, demikian laporan yang dilansir ColomboPage (15/6).

Pasukan polisi dan tentara sejumlah 4.000 personel dikerahkan untuk pengamanan kota tersebut, demikian kata pihak kepolisian.

Menurut pihak penyelenggara, regu penyelamat khusus dari Angkatan Laut juga disiagakan dekat bendungan.

Sejumlah besar Pandal, lentera dan dekorasi Buddhis lainnya ditampilkan di seluruh negeri sementara banyak Dansala (tempat-tempat pemberian makanan gratis) juga nampak.

Sebuah tim dari 100 Pegawai Kesehatan Masyarakat juga dikerahkan untuk memeriksa Dansala dan restoran tersebut yang berada di Kota Suci Anuradhapura dan di sekitarnya. Dansala dan restoran serta air minum diadakan pemeriksaan menyeluruh.

Sementara itu, festival Poson nasional diadakan di Sithulpawwa di wilayah Hambanthota, Propinsi Selatan.

Di bagian lain dari negara tersebut, Juru Bicara Parlemen Sri Lanka, Chamal Rajapaksa, secara seremonial meletakkan pondasi untuk tahap kedua pembangunan tempat peristirahatan para peziarah dan sebuah Wahal-Kada (gerbang) di Tissamaharama Raja Maha Vihara pada pagi hari.

Pada malam harinya, diadakan perayaan tahunan Maha Poson Perahera Ruhunu Tissamaharama Raja Maha Vihara.

Kerumunan besar berkumpul di sebagian besar tempat-tempat bersejarah pemujaan Buddhis di negara tersebut untuk mempraktikkan Sila-Sila (kemoralan) dan mengadakan kegiatan keagamaan.

Penempatan relik-relik suci di Rupang Samadhi Buddha di Vihara Mahiyangana diadakan di pagi hari. Rupang (pratima/patima) tersebut merupakan rupang Samadhi Buddha terbesar yang dibangun di Sri Lanka bertepatan dengan Buddha Jayanti Ke-2600.

Sumber-sumber politik mengatakan bahwa masyarakat semakin menikmati manfaat dari perdamaian yang tercapai setelah kekalahan para pemberontak Macan Tamil di tahun 2009.[ColomboPage, 15/6/11, tr: Sum]

Kata kunci:
Penulis: