Asia Oseania » Asia Tenggara » Indonesia » Tokoh

Aktor Richard Gere Kunjungi Borobudur

Selasa, 21 Juni 2011

Candi Borobudur - Jawa TengahBhagavant.com,
Magelang, Jawa Tengah – Tokoh Buddhis sekaligus aktor Hollywood, Richard Gere, akan mengunjungi Borobudur pada 25-27 Juni 2011, atas undangan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia untuk mempromosikan Borobudur .

Bersama keluarganya, Richard Gere rencananya akan mengunjungi Candi Borobudur dan beberapa candi di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta serta untuk menyaksikan pementasan Sendratari Mahakarya Borobudur (The Masterpiece of Borobudur Ballet) yang digelar di panggung terbuka Aksobya sebelah timur pelataran Candi Borobudur pada Minggu malam, 26/6.

Dalam rangkaian acara kunjungannya ke Candi Borobudur, Gere yang pernah membintangi film “Pretty Woman” bersama dengan Julia Robert, juga akan menghadiri acara Morning Peace Walk bersama para bhikkhu/bhiksu dan menyaksikan matahari terbit dipelataran Candi Borobudur. Ia juga akan melakukan penanaman pohon Bodhi di kawasan Taman Candi Borobudur.

Kedatangan Richard Gere ke Candi Borobudur diharapkan akan memberikan pengaruh positif bagi Indonesia, demikian Sapta Nirwandar, Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dalam jumpa persnya di Jakarta, Jumat 17/06.

Dilaporkan bahwa kesediaan Gere mengunjungi salah satu Warisan Budaya Dunia tersebut, tidak lepas dari niat pribadinya untuk melakukan tapak tilas dari perjalanan Atiśa Dipankara Shrijnana, salah seorang guru besar Buddhis yang berpengaruh dalam perkembangan Buddhisme di Tibet, dan yang pernah menetap beberapa waktu di Indonesia pada 1000 tahun yang lalu.

Gere yang memiliki nama lengkap Richard Tiffany Gere, mulai tertarik dengan Buddhisme pada tahun 1978 dalam perjalanannya ke Nepal. Ia kemudian mempraktikkan Buddhisme dan menjadi dekat dengan Dalai Lama XIV. Gere juga banyak melakukan kegiatan sosial terutama yang berkaitan dengan hak asasi di Tibet.[Bhagavant, 19/6/11, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN: