Asia Oseania » Asia Tenggara » Seremonial » Thailand » Tokoh

Jelang Kremasi Jasad Luang Ta Maha Bua

Sabtu, 5 Maret 2011

Ajahn Maha Boowa (1913-2011)Bhagavant.com,
Udon Thani, Thailand – Hari ini jasad Yang Mulia Ajahn Maha Boowa Nannasampanno (Luang Ta Maha Bua) akan dikremasi dengan upacara kerajaan yang dihadiri oleh Yang Mulia Ratu Sirikit.

Kemarin sebuah upacara diadakan untuk memindahkan jasad Luang Ta Maha Bua dari Vihara Pa Ban Tat menuju ke krematorium terbuka untuk disemayamkan sementara sebelum upacara kremasi dilaksanakan pada hari ini pukul 13.00 waktu setempat. Upacara pemindahan jasad ini dipimpin oleh Luang Ta Boonmee Paripunno, kepala Vihara Ban Na Khoon.

Iring-iringan peti jenasah Luang Ta Maha Bua menuju krematorium
Peti Jenasah Luang Ta Maha Bua. Foto: Bangkok Post

Lautan puluhan ribu manusia yang terdiri dari para bhikkhu dengan jubah safron mereka dan umat awam memadati Vihara Pa Ban Tat dan ikut larut dalam prosesi pemindahan jasad Luang Ta yang dilakukan dengan iring-iringan menuju krematorium yang terletak masih di sekitar vihara hutan tersebut.

Jasad Luang Ta yang telah dimasukkan ke dalam peti jenasah berwarna emas diusung oleh petugas pemerintah yang mengenakan pakaian resmi berwarna putih dengan kain ikat berwarna hitam di lengan kiri mereka sebagai tanda berkabung.

Iring-iringan tersebut didahului dengan mengusung dua buah foto Luang Ta Maha Bua berukuran besar, satu berwarna dan satu hitam-putih. Kemudian iring-iringan diikuti dengan petugas pembawa peti jenasah dan para bhikkhu.

Puluhan ribu umat padati Vihara Pa Ban Tat, Udon Thani, Thailand
Para umat padati Vihara Pa Ban Tat. Foto: Bangkok Post
Y.M Putri Chulabhorn ikut dalam iringan menggunakan kursi roda
Y.M Putri Chulabhorn ikut dalam iringan. foto: Bangkok Post

Meskipun nampak kurang sehat, dalam iring-iringan tersebut nampak Yang Mulia Putri Chulabhorn mengenakan pakaian hitam dan kursi roda mengikuti prosesi pemindahan jasad Luang Ta.

Dalam prosesi iring-iringan tersebut, di sisi-sisi jalan para umat memberikan penghormatan terakhir dengan beranjali dan mengambil foto saat iring-iringan pembawa peti jenasah Luang Ta Maha Bua melewati mereka. Beberapa di antara mereka ada yang menangis dalam duka, beberapa tenggelam dalam penghormatan dan renungan.

Tempat kremasi jasad Luang Ta Maha Bua
Tempat kremasi jasad Luang Ta Maha Bua. Foto: Bangkok Post
Di krematorium, para bhikkhu memberikan penghormatan
Di krematorium. Foto: Bangkok Post

Setibanya di tempat krematorium terbuka, peti jenasah dimasukkan ke dalam mesin kremasi. Mesin kremasi yang sifatnya tidak permanen dan dibangun khusus untuk kremasi jasad Luang Ta Maha Bua tersebut berwarna emas dan dibangun di atas gundukan tanah berundak. Tepat di atasnya nampak sebuah payung besar berwarna putih gading dan kuning memayungi tempat kremasi tersebut.

Pemberian penghormatan pun di lakukan oleh para bhikkhu dan umat setelah peti jenasah berada dalam mesin kremasi dan siap untuk dilakukan proses kremasi yang dilaksanakan pada siang hari ini. Proses kremasi akan disiarkan oleh Channel 11, Radio Thailand dan komunitas stasiun radio. Foto-foto pemindahan jasad Luang Ta Maha Bua selengkapnya dapat dilihat di sini. Dan ikuti proses kremasi jasad Luang Ta Maha Bua secara Langsung dari Thailand di http://www.tv14.net/sbt-tv/ [Sum, foto: Bangkok Post]

Kata kunci: ,
Penulis: