Asia Oseania » Asia Selatan » India

Vihara Mahabodhi Dalam Penjagaan Ketat

Senin, 24 Januari 2011

Buddhisme di IndiaBhagavant.com,
Bodh Gaya, India – Dengan meningkatnya ancaman pemberontak Maois di daerahnya, pihak berwenang merasa prihatin dan meningkatkan keamanan di sekitar Vihara Mahabodhi yang merupakan vihara yang paling dihormati di kota Bodh Gaya di Bihar.

Ratusan petugas keamanan, bersenjata dengan senjata dan peralatan terbaru telah ditempatkan di vihara yang terkemuka tersebut untuk mencegah segala kemungkinan yang terjadi.

Untuk menambah tingkat efisiensi para polisi, lusinan kamera Closed Circuit Television (CCTV) dan pendeteksi metal juga di pasang di vihara tersebut.

Vihara yang menandakan titik dimana Sang Buddha mencapai Pencerahan di India Timur sekitar 2.500 tahun yang lalu, membuat situs ini menjadi salah satu situs tersuci dalam Buddhisme.

Pihak vihara mengungkapkan bahwa para ekstremis Maois mungkin “menyamar” sebagai bhiksu untuk meloloskan diri dari para petugas keamanan.

“Meskipun para ekstremis Maois tidak menyerang situs-situs Buddhis, mereka menyamarkan diri mereka sebagai para bhiksu untuk meloloskan diri dari para petugas keamanan. Para Maois memang masuk ke Buddhis sebagai para bhiksu,” kata N. Dorje, sekretaris komite manajemen Vihara Bodh Gaya.

Vihara Mahabodhi dibangun pada 1.500 tahun yang lalu dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2002.[ANI,19/1, tr: Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: