Asia Oseania » Asia Timur » Perdamaian » Taiwan

Doa Perdamaian Antar Tradisi Buddhis Dunia

Rabu, 12 Januari 2011

Buddhisme di TaiwanTibet Net,
Taipei, Taiwan – Ditujukan kepada anggota doa akbar untuk perdamaian dunia dan kerukunan beragama yang diadakan pada malam Tahun Baru di Taipei, perwakilan pimpinan spiritual Tibet, Yang Mulia Dalai Lama Ke-14 untuk Taiwan menggarisbawahi pentingnya kerukunan beragama antara agama yang berbeda di dunia.

Dawa Tsering, sebagai perwakilan tersebut juga berbicara tentang esensi dari komitmen Yang Mulia Dalai Lama, dalam mempromosikan kerukunan beragama dan pemahaman antar tradisi agama besar di dunia.

Doa Perdamaian Antar Tradisi Buddhis Dunia
Para bhikkhu dan bhiksu berdoa bersama demi perdamian dunia. foto: Tibet Net

Seremoni tersebut diselenggarakan bersama oleh Theksum choeling Pusat Dharma Tibet yang dipimpin oleh Khenpo Tsenam, Vihara Longshan dan Fa-Shan dari Taiwan di bawah bimbingan Yayasan Keagamaan Tibet dari Yang Mulia Dalai Lama.

Khenpo Tsenam dan para bhiksu Taiwan terkemuka lainnya berbicara tentang pentingnya menjaga hubungan baik semua praktisi Buddhisme di Taiwan dan berkerja sama untuk kerunan beragama.

Pertemuan doa tersebut dihadiri oleh lebih dari 600 orang termasuk para praktisi tradisi Buddhisme yang berbeda, diantaranya diikuti oleh tradisi di luar India seperti “Buddhisme Selatan”, “Buddhisme Timur” dan “Buddhisme Utara”. Para bhikkhu, bhiksu dan bhiksuni dari beragam warga Taiwan yang berbeda, vihara-vihara Tibet dan pusat-pusat pembelajaran di Taipei juga hadir.

“Buddhisme Selatan” mewakili Budhisme yang dipraktikkan di Sri Lanka dan sebagian besar Asia tenggara. Biasanya dianggap identik dengan Theravada.

“Buddhisme Utara” kadang kala mengacu pada Buddhisme yang dipraktikkan di Asia Timur, dan daerah Tibet khususnya Tibet, China, Korea, Mongolia, Jepang, Vietnam. Sering diidentikan dengan Mahayana. Namun, istilah Buddhisme Utara kadang kala juga digunakan untuk mengacu secara khusus pada Buddhisme Tibet (termasuk Mongolia). Dalam terminologi ini, Buddhisme dari China, Jepang, dan lainnya disebut dengan Buddhisme Timur.[Tibet Net, 4/1, tr: Sum]

Kata kunci: , , ,
Penulis: